Notification

×

Iklan


Iklan


Jaga Stabilitas harga Pangan Jelang 'Nataru', Pemko Medan Gelar Rakor

Jumat, 16 Desember 2022 Last Updated 2022-12-16T04:42:51Z

Ayomedan,com - Medan, Guna menjaga stabilitas stok pangan di wilayah kota Medan khususnya menjelang hari besar keagamaan dan pergantian tahun baru, Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kestabilan harga dan ketahanan pangan, di ruang rapat Kantor Walikota Medan, Rabu (14/12/2022)

Rakor dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan, Emilia Lubis, bersama sejumlah Stakeholder dan unsur Forkopimda Kota Medan.

Dalam Rakor ini Kadis Ketapang Emilia Lubis menyatakan,  bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menjalin komunikasi yang baik antar stakeholder dan Forkopimda, guna menjamin dan menjaga stabilitas stok pangan di wilayah kota Medan, khususnya menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru)  2023.

"Melalui pertemuan ini, sesuai arahan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution, akan terjalin komunikasi efektif dan terjaganya stok pangan yang ada diwilayah Kota Medan, terlebih menjelang hari besar dan pergantian tahun baru," kata Emilia Lubis.

Menurut Kadis Ketapang, melalui pertemuan ini nantinya akan ada langkah yang diambil guna antisipasi dan sharing pendapat terkait kebijakan yang akan dilakukan. Salah satunya lebih mengoptimalkan kembali Satgas Pangan Kota Medan.

"Kita sepakati Satgas Pangan perlu mengoptimalkan pemantauan dan ketersediaan serta kelancaran distribusi pangan sehingga dapat menstabilkan gejolak harga yang terjadi di tingkat konsumen," Sebut Kadis Ketapang.

Selanjutnya Emilia Lubis mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan tim dinas Ketapang, sampai dengan hari ini dapat dipastikan bahwa stok ketersediaan bahan pangan kebutuhan pokok untuk warga Medan aman dan mencukupi jelang hari besar keagamaan dan pergantian tahun.

Namun demikian, Emilia Lubis kembali menyampaikan, jika memang diperlukan nantinya dalam waktu dekat ini Satgas Pangan juga akan melakukan intervensi pasar guna mengambil kebijakan terkait stabilitas harga yang ada.

"Satgas pangan ini juga bagian dari upaya konsolidasi serta meningkatkan koordinasi, kerjasama guna pemenuhan ketersediaan dan kestabilan harga untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan di Kota Medan," pungkasnya. (A-Red)