Notification

×

Iklan


Iklan


Saat Apel Pekan Disiplin Parkir, Bobby Nasution: Lakukan Penertiban Tanpa Tebang Pilih

Selasa, 25 Oktober 2022 Last Updated 2022-10-25T14:36:51Z

Ayomedan.com l Medan -
Ketertiban lalu lintas di Kota Medan bisa dikatakan masih belum tertata dengan baik. Untuk itu, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan bersama unsur TNI dan Polri menggelar Pekan Disiplin Parkir. Diharapkan, melalui penertiban ini tidak ada lagi kendaraan bermotor yang parkir berlapis di lokasi yang dilarang parkir. Dengan harapan, ketertiban parkir ke depannya menjadi lebih baik lagi.

Hal ini terungkap saat Apel Pekan Disiplin Parkir yang dipimpin langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution di halaman depan Balai Kota Medan, Selasa (25/10/2022). Orang nomor satu di Pemko Medan ini minta, kepada tim gabungan untuk melakukan tindakan tegas terhadap kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran parkir.

"Saya minta dalam melakukan penertiban, tidak ada tebang pilih. Mobil plat hitam maupun merah yang melakukan pelanggaran parkir, silahkan ditindak tegas. Apa pun jabatan dan status kita, harus mencontohkan kepada masyarakat bagaimana tata cara parkir yang baik," kata Bobby Nasution.

Dengan Pekan Disiplin Parkir, Bobby Nasution berharap menjadi awal dalam melakukan penertiban parkir di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, melalui kegiatan ini, tim yang melakukan penertiban juga dapat menginformasikan dan mengedukasi masyarakat bahwasanya jalan maupun trotoar itu bukan tempat parkir.

"Kita lihat masih banyak kendaraan bermotor yang parkir sembarangan, termasuk di jalan-jalan utama, seperti Jalan Sudirman. Sudah jelas ada rambu larangan parkir dipasang, tapi masih ada saja yang parkir di kawasan dilarang untuk parkir tersebut. Bahkan ada yang sampai parkir di bawah rambu larangan parkir tersebut. Hal ini lah yang harus terus kita sosialisasikan dan informasikan kepada masyarakat, bahwa jalan maupun trotoar bukan tempat parkir," ujarnya.

Walaupun ditengah guyuran gerimis, dihadapan Wakil Wali Kota Medan, H Aulia Rachman, Wadirlantas Polda Sumut, AKBP Erwin Soewondo SIK, Wakapolrestabes Medan, AKBP DR Yudhi Hery Setiawan SIK. MSi, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Wilfrid Siregar, Pasiops Kodim 02/01 Medan, Mayor Inf Marlon Lossari Marbun, Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Bobby Nasution selanjutnya menambahkan, kalau Pemko Medan saat ini sedang menyiapkan sistem perparkiran yang baik.

"Pemko Medan akan menyiapkan kantung-kantung parkir di lokasi yang dekat dengan pusat perekonomian maupun kegiatan masyarakat. Langkah ini dilakukan, agar kantung parkir dapat menampung lebih banyak kendaraan, sehingga dapat parkir dengan baik dan tertib," tuturnya.

Meski diguyur hujan gerimis sejak pagi, namun pelaksanaan Apel Pekan Disiplin Parkir tetap berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Dalam apel tersebut, Bobby Nasution secara simbolis menyematkan pita kepada empat petugas tim gabungan.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis usai apel kembali menjelaskan, bahwa Pekan Disiplin Parkir merupakan awal dari penertiban parkir yang akan dilakukan secara rutin oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, dibantu unsur TNI dan Polri.

"Dalam melakukan penertiban, nantinya ada beberapa metode. Seperti statistis, dimana sejumlah lokasi parkir yang dianggap bermasalah seperti Jalan Thamrin, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan S Parman akan ditempatkan petugas dari Dishub berkolaborasi dengan petugas dari TNI, Polri dan Satpol PP yang akan melakukan penjagaan," ujarnya.

Selain itu, sambung Iswar, kita juga akan membentuk lima tim yang akan bergerak secara dinamis untuk berkeliling memantau parkir bermasalah. "Selain petugas Dishub, tim juga melibatkan unsur TNI dan Polri serta petugas Satpol PP. Setiap pelanggaran parkir yang ditemukan langsung ditindak dengan tilang elektronik. Bahkan, kita juga akan melakukan penderekan terhadap kendaraan bermotor roda empat ke tempat penyimpanan di Kayu Putih," tegas Iswar.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran parkir, sebut Iswar, telah disiapkan dua truk. Hasil kerjasama dengan Satpol PP, yang selanjutnya kendaraan yang ditilang akan di boyong ke tempat penyimpanan di Kayu Putih.

"Langkah tegas ini kita lakukan dengan harapan, agar semua kendaraan bermotor parkir di lokasi yang telah ditetapkan," pungkasnya.
(A-Red)