Notification

×

Iklan


Iklan


Ikuti Upacara HBA Bersama Presiden RI, Kajati Sumut Idianto: Jangan Cepat Berpuas Diri, Tetap Profesional dan Jaga Integritas

Minggu, 23 Juli 2023 Last Updated 2023-07-23T02:40:22Z


Ayomedan.com - Medan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Korps Adhyaksa. Sebab, kepercayaan publik terhadap Kejaksaan terus meningkat.


Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63, di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI, Jakarta, Sabtu (21/07/2023).


Puncak acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa itu juga diikuti secara virtual oleh Kajati Sumut Idianto, SH,MH, Wakajati Sumut Drs. Joko Purwanto, SH, para Asisten, Koordinator, Kabag TU, para Kasi dan jajaran Kejati Sumut di Aula Sasana Cipta Kerta, Lantai 3 Kantor Kejati Sumut. 


Hadir juga mengikuti upacara virtual dengan Presiden dan Jaksa Agung, Kejari Medan Wahyu Sabrudin, SH,MH, Kajari Deli Serdang Dr. Jabal Nur, Kajari Belawan Nusirwan Sahrul, SH,MH, para Kacabjari beserta para Kasi dan jajaran di tiga Kejari tersebut


Dalam kesempatan ini, Jokowi mengatakan merujuk hasil salah satu lembaga survei pada Agustus 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan sebesar 75,3 persen.


"Namun pada Juli 2023, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan telah mencapai 81,2 persen. Angka itu disebutnya merupakan capaian tertinggi dalam kurun sembilan tahun terakhir," katanya.


Kendati demikian, Jokowi mengingatkan kejaksaan agar berhati-hati dalam mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan publik. Ia tak ingin Kejaksaan cepat berpuas diri dengan tingkat kepercayaan masyarakat saat ini.


"Kepercayaan masyarakat ini harus ditingkatkan dan kepercayaan publik ini harus dipertahankan serta diperbaiki, dengan kinerja yang semakin baik dengan kerja-kerja yang sistematis dan terlembaga dengan melakukan transformasi yang terencana yang komprehensif dari pusat sampai ke daerah," ujarnya.


Pasca mengikuti upacara virtual dengan Presiden dan Jaksa Agung, Kajati Sumut dan jajaran mengikuti upacara di halaman kantor Kejati Sumut. 


Dalam arahannya, Jaksa Agung yang dibacakan Kajati Sumut Idianto mengajak seluruh insan Adhyaksa agar menjadikan momen peringatan HBA sebagai pengingat untuk terus berbenah diri, merapatkan barisan, memperkuat jiwa korsa, dan terus memupu semangat dalam bekerja dan berkarya dalam mempersiapkan diri menyongsong tantangan dan hambatan yang akan menghadang di hari esok.


Telah 63 tahun berlalu sejak HBA pertama diperingati, beragam tantangan, hambatan, dan rintangan telah dihadapi oleh insan Adhyaksa sebagai pendamba dan pewujud hukum pasti. Semua tantangan, hambatan, dan rintangan dapat kita atasi bersama dalam perjalanan waktu yang tidak singkat
ini, karena kita adalah satu dan tidak terpisahkan. 


"Maka dari itu, marilah kita jadikan momentum peringatan HBA ini untuk berkontemplasi dan menginternalisasi nilai-nilai Trapsila Adhyaksa yang merupakan landasan jiwa Kejaksaan, guna
meningkatkan kecintaan kita terhadap pekerjaan dan institusi ini, sehingga dapat memotivasi seluruh jajaran untuk terus meningkatkan performa demi menjaga dan meningkatkan capaian prestasi yang telah kita torehkan," jelasnya. 


Lebih lanjut Idianto menyampaikan, sesuai dengan tema yang diusung “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional" sejalan dan berkesinambungan dengan tema HBA tahun sebelumnya, sehingga kita perlu melanjutkan hal baik yang telah kita lakukan dan perbaikan atas kekurangan demi Kejaksaan yang lebih baik.


Rangkaian peringatan HBA di Kejati Sumut dilanjutkan dengan upacara di halaman kantor sekaligus memberikan penghargaan satyalancana 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada pegawai dan jaksa di lingkungan kerja Kejati Sumut. 


Setelah upacara yang dimeriahkan oleh drumband dari Yayasan Pendidikan Adhyaksa Medan, acara syukuran dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun yang diserahkan kepada pegawai termuda dan pegawai tertua. 


Dalam paparannya, Kajati Sumut Idianto menyampaikan termakasih kepada panitia yang dengan semangatnya bisa menggelar kegiatan berkolaborasi dengan Kejari Medan, Kejari Deli Serdang, dan Kejari Belawan. 


"Semoga dengan HBA yang ke-63 ini kita lebih semangat, lebih solid dan tetap profesional dalam menjalankan tugas penegakan hukum. Jangan cepat berpuas diri, tetaplah profesional dan jaga integritas," tandasnya. 


Sebelumnya, Ketua Panitia HBA yang ke-63 yang juga Aspidsus Anton Delianto, SH, MH menyampaikan bahwa rangkaian peringatan HBA di Kejati Sumut diawali  dengan Seminar Nasional, bakti soaial dan anjangsana ke Purnaja, Pekan Olahraga, donor darah dan pemeriksaan kesehatan, lomba karya tulis dan kegiatan lainnya. 


Untuk Pekan Olahraga yang memperlombakan beberapa cabang olahraga, sebagai juara umumnya adalah bidang Pidsus. Untuk lomba karya tulis tingkat SMA sederajat se-Sumatera Utara dimenangkan oleh juara 1 Keisha Najasyi Rasyifa {SMA Eria Medan), juara 2 Grace Christiani  (SMA Methodist 5 Medan), juara 3 Dealmihsya Anggrumi (SMA N 3 Medan), 
juara Harapan 1 Robertho Charlos Sinaga (SMA Sutomo 1 Medan), juara Harapan 2 Albert Leon Togi Manullang (SMA RK Budi Mulia Pematang Siantar) dan juara Harapan 3 Hilwa Annhila (SMA N 3 Medan) . 


Hadiah dan piala kepada pemenang lomba karya tulis diserahkan langsung oleh Wakajati Sumut Drs. Joko Purwanto, SH. Acara selanjutnya adalah hiburan dan lucky draw.  (A-Red)