Notification

×

Iklan


Iklan


Terima Komisi II DPR RI, Bobby Nasution Paparkan Kesiapan Pemko Medan Dukung Suksesnya Pemilu 2024

Kamis, 14 September 2023 Last Updated 2023-09-14T11:02:53Z



Ayomedan.com - Medan, Sejumlah langkah, tindak lanjut dan ragam hal sesuai kapasitas pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran dan suksesnya Pemilu 2024 dipaparkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution di hadapan anggota Komisi II DPR RI di Balai Kota Medan, Kamis (14/09/2023). Selain bersilaturahmi, kunjungan kerja (kunker) Komisi II DPR RI yang diketuai Junimart Girsang ini, juga dalam rangka mendengar dan mengetahui kesiapan Pemilu 2024 di Kota Medan.


Dikatakan Bobby Nasution, ada pun sejumlah langkah yang telah dilakukan di antaranya merealisasikan anggaran dana hibah untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan guna memfasilitasi penyewaan dan pemeliharaan gedung serta sosialisasi. Lalu,  mendukung sarana dan prasarana lainnya seperti laptop dan komputer.


"Dalam hal pemutakhiran data pemilih, Pemko Medan melalui Kesbangpol dan Disdukcapil Kota Medan berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu Kota Medan," kata Bobby Nasution di hadapan Forkopimda Kota Medan, pimpinan perangkat daerah dan stakeholder terkait lainnya yang hadir.


Tidak itu saja, lanjut Bobby Nasution, Pemko Medan juga telah melakukan realisasi perekaman dan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) untuk meningkatkan persentase wajib e- KTP bagi masyarakat. Hal yang dilakukan, ungkapnya, menghadirkan pelayanan jemput bola di area-area publik.


"Kita hadirkan layanan di sekolah-sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, rumah tahanan, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat publik lainnya. Selain itu, melakukan sosialisasi intensif terhadap masyarakat terkait pentingnya memiliki e-KTP," ujarnya seraya memaparkan langkah dan upaya lainnya.


Sementara itu, selaku pimpinan rombongan Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengaku, kehadirannya bersama sejumlah anggota lain untuk melihat sejauh mana kesiapan Pemko Medan bersama penyelenggara pemilu dan stakeholder terkait lain dalam melaksanakan tahapan Pemilu 2024.


"Kami juga ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemilu di Kota Medan. Lewat forum ini kita diskusikan bersama, karena tentu harapan kita adalah agar seluruh tahapan hingga hari H pemilu berjalan lancar dan sukses," bilang Junimart.


Usai pertemuan, dilanjutkan dengan sesi diskusi, termasuk membahas dan mencari jalan keluar kendala yang mungkin dihadapi Kota Medan saat berlangsungnya pesta demokrasi. Termasuk menyikapi lokasi dengan kondisi geografis wilayah yang rentan mengalami terjadinya banjir rob, seperti diKecamatan Medan Belawan.
(A-Red)