Notification

×

Iklan


Iklan


Pada Ramadhan dan Idul Fitri 1445H, Marlison Hakim: BI Siapkan Rp197,6 Triliun 'ULE'

Minggu, 17 Maret 2024 Last Updated 2024-03-17T09:52:31Z



AyoMedan.Com - Jakarta, Pada bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1445H/2024, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan penukaran uang. Layanan penukaran uang layak edar (ULE) ini menjadi salah satu event tahunan.


Umumnya masyarakat Indonesia pada saat hari raya Idul Fitri, selalu memberikan THR kepada sanak saudara di kampung halaman. Maka dari itu, layanan penukaran uang ini dinilai sangat krusial.


Bank Indonesia (BI) sendiri sudah menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadhan dan Idulfitri 2024.


“Kita mulai tanggal 15 Maret hari ini sampai dengan 5 April, periode layanan penukaran uang,” ucap Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim, dikutip AyoMedan.Com, Sabtu (16/03/2024)


Selain itu, lanjut Marlison, BI juga akan membuka layanan penukaran uang di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.


"Nanti kami juga akan buka di Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Begitu juga di beberapa titik penyebrangan di Merak-Bakauheni, stasiun kereta api, hingga Bandara,” jelasnya.


Marlison mencatat, perbankan akan membuka layanan kantor di 4.964 kantor/titik di seluruh Indonesia.


“Nama bank yang tersedia dapat diakses di aplikasi Pintar Bank Indonesia,” ujarnya.


Kemudian, lanjutnya lagi, kita juga akan mengadakan kegiatan bersama (BI dan perbankan) untuk se-Jabodebek diselenggarakan di Istora Senayan pada 28-31 Maret,” terang Marlison.


Di sana masyarakat bisa mengajukan penukaran uang melalui aplikasi Pintar maupun go-show atau hadir secara langsung.


“Bagi masyarakat yang hendak menukar uang melalui perbankan bisa lewat debit atau QRIS, tersedia saat acara nanti di Istora Senayan,” pungkasnya.(A-Red)