Notification

×

Iklan


Iklan


Kasi Kehumasan PPIH Embarkasi Medan Pantau Pemeriksaan Kesehatan Calon Jemaah Haji

Minggu, 19 Mei 2024 Last Updated 2024-06-05T06:34:29Z



AyoMedan.Com - Medan, Sebanyak 234 Rombongan jemaah calon haji dari Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), 112 orang dari Kabupaten Langkat dan tiga orang dari Kabupaten Toba tiba di Asrama Haji Embarkasi Medan, Minggu (19/05/2024) pagi.


Hal ini dikatakan Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi, melalui Kepala Seksi (Kasi) Kehumasan PPIH Embarkasi Medan Tahun 2024, Mulia Banurea kepada wartawan saat memantau kedatangan rombongan jemaah calon haji di Gedung Jabal Nur.


Menurut Mantan Ketua KPU Sumut ini, rombongan jemaah haji dari Kabupaten Labuhan Batu Utara yang berjumlah 234 orang dan dari Kabupaten Langkat 112 orang, serta Kabupaten Toba sebanyak 3 orang ini termasuk dalam kelompok terbang tujuh.


"Saat ini sedang dilakukan pelayanan satu atap atau one stop service yakni pemeriksaan kesehatan, seat atau tempat duduk jamaah, pemberian gelang sebagai tanda jamaah calon haji, pemeriksaan pasport dan pemberiaan living cost atau biaya hidup ditanah suci selama 40 hari sebesar 750 Rial Arab Saudi," ucapnya.


Kemudian, lanjut Mulai,  jamaah yang sudah melakukan pemeriksaan akan berjalan menuju penginapan di Madinah Al Munawwarah.


"Direncanakan rombongan jemaah haji dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Toba ini akan diberangkat kan besok, Senin (20/5/2024) dinihari," jelas Mulia.


Sebelumnya, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Medan Dr Haji Torang Rambe dalam sambutannya mengatakan dan memberi penjelasan kepada para jemaah calon haji, tentang bagaimana ketika jemaah calon haji tiba ditanah suci.


"Seluruh Calhaj harus mematuhi segala peraturan yang berlaku ditanah suci dan saya mendoakan kepada para jemaah calon haji semoga menjadi haji mabrur," katanya .


Sementara itu, setelah Dr Torang Rambe memberikan penjelasan dilanjutkan dengan Dr Zakirman dari Tim Kesehatan menjelaskan gimana caranya menggunakan alat alat kesehatan saat berada di tanah suci seperti penggunaan masker sanitezer, dan penggunaan botol untuk mengambil air zam zam.(A-Red)