Notification

×

Iklan


Iklan


Kombes Pol Rantau Isnur Pimpin Peringatan Hari Juang 'Palagan Huraba' ke-75 di Balige

Sabtu, 04 Mei 2024 Last Updated 2024-05-04T13:47:00Z

AyoMedan.Com - Balige, Sat Brimob Polda Sumatera Utara peringati Hari Juang Palagan Huraba ke-75 tahun 2024 di Polsek Balige dan melakukan langmarc menuju Makam Raja Sisingamangaraja, Sabtu (04/05/2024) pukul 14.30 WIB hingga selesai.


Acara bersejarah ini dipimpin Dansat Brimob Polda Sumut, Kombes Pol. Rantau Isnur Eka S.I.K,.M.M,. M.H,. M.Han. Kemudian dihadiri Kapolres Toba, Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Danyon A Sat Brimob Polda Sumut, para PJU Sat Brimob Polda Sumut dan Kapolsek Balige.



Kapolda Sumut melalui Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol. Rantau Isnur mengatakan, bahwa peringatan hari juang palagan huraba ke-75 semoga memberikan motivasi dan semangat juang kepada generasi muda Brimob Polri utamanya.


"Karenanya, sejarah pejuang Brimob Polri dan TNI beserta masyarakat tidak boleh dilupakan. Kita ingin generasi muda memiliki rasa patriotisme cinta tanah air dan semangat bela negara," ucapnya.


Dimana hari ini, lanjut Kombes pol Rantau Isnur, dengan tanggal yang sama pada 75 tahun silan tepatnya 5 Mei 1949 sekitar pukul 04.00 WIB adalah hari berkabungnya pejuang Mobrig yang sekarang menjadi Brimob dan TNI serta pejuang dan masyarakat lainnya di Sumatera Utara.


Benteng Huraba, sambung Dansat Brimob, merupakan saksi perjuangan heroik yang tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan agresi militer Belanda saat itu.


"Jasa Mayor Bejo dan Mayor Maskadiran dalam melawan penjajah dengan mengorbankan nyawa dan darah yang bercucuran hanyalah untuk mengusir kaum penjajah," tandasnya.


Oleh karenanya, sambung Kombes Pol. Rantau Isnur sejarah tidak boleh dilupakan. "Semangat patriotisme atau semangat rela berkorban harus kita warisi dengan meningkatkan rasa cinta kita terhadap tanah air dengan semangat nasionalisme," pungkasnya.


Tampak kegiatan peringatan Hari Juang Palagan Huraba, dari awal hingga akhir berjalan dengan baik dan lancar.(A-Red)