Notification

×

Iklan


Iklan


Seiring Miningkatnya Pengguna QRIS, Doddy Zulverdi: Semoga Inflasi di Sumut Bisa Teratasi

Jumat, 25 November 2022 Last Updated 2022-11-25T13:02:23Z
Teks foto, Kepala KPwBI Sumut Doddy Zulverdi 

Ayomedan.com - Medan, Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan menurun pada tahun 2023. Sedangkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara, diperkirakan membaik di triwulan III (%yoy). 

"Tren pemulihan ekonomi terus berlanjut dan mencatat menguatnya pertumbuhan ekonomi di Sumut sekitar 4,97%. Hal ini terus membaik, apabila penggunaan QRIS terus meningkat," kata Doddy Zulverdi selaku Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumut, dalam Bincang Bareng Media (BBM) di lantai III gedung BI Sumut, Jum'at (25/11/2022) siang.

Disisi lain, lanjutnya lagi, masih tingginya ekspektasi inflasi beresiko menahan aktivitas konsumsi masyarakat.  "Pertumbuhan ekonomi secara nasional, tetap bisa keatas dalam kisaran proyeksi 4,5-5,3 % pada 2022 dan tetap tinggi," jelasnya.
Teks foto, Suasana kegiatan BBM

Ditambahkan Doddy, dukungan perbankan, dalam hal ini Bank Indonesia, untuk pemulihan ekonomi di Sumut terus berkembang positif. "Ini terlihat masih tingginya penyaluran kredit kepada masyarakat. Khususnya, untuk kredit rumah, kredit modal kerja maupun kredit investasi," jelasnya.

Kalau inflasi dunia, diakibatkan masih berlanjutnya ketegangan antara Rusia-Ukraina. Sehingga memicu inflasi secara global, berada pada level yang cukup tinggi.  

"Termasuk inflasi di negara maju maupun berkembang. Sebagian besar mencatatkan inflasi berada diatas target sasaran inflasi. Itu yang memicu negara maju menaikkan suku bunga," terangnya.

Kembali Doddy Zulverdi mengungkapkan, pada bulan November 2022 ini, inflasi Sumut secara bulanan diperkirakan sedikit lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. 

"Ini imbas semangkin dekatnya perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Untuk itu, BI terus mendorong pemerintah daerah terus melakukan operasi pasar, agar harga kebutuhan sembilan bahan pokok dapat terkendali," harapnya 

Menurut Doddy, bentuk dukungan perbankan dalam pemulihan ekonomi Sumut, juga dengan perluasan penggunaan QRIS. "Kita terus sosialisakan sistem pembayaran non-tunai (QRIS) kepada masyarakat, saat berbelanja keseluruh pasar tradisional maupun pedagang mikro," tuturnya. 
Teks foto, Diputi Kepala BI, Ibrahim 

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Ibrahim mengungkapkan bahwa BI Sumut terus berkolaborasi dengan tim TPID dan OPD terkait melakukan pengawasan terhadap pertumbuhan ekonomi. 

"Apalagi mendekati Nataru nanti, TPID akan melakukan operasi pasar. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat didalam mendapatkan keperluan pada hari besar keagamaan. Pemerintah memastikan, stok sembako terjaga dengan baik di Sumut," pungkasnya.

Diketahui, dalam BBM tersebut, hadir juga Wakil Deputi Direktur BI Sumut, Poltak Sitanggang dan para staf BI Sumut lainnya. (A-Red)