Notification

×

Iklan


Iklan


Naigh Awarding SPS Anugrahi Baskami Ginting Sebagai Sahabat Utama Pers

Sabtu, 31 Desember 2022 Last Updated 2022-12-31T03:59:53Z

Ayomedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dianugerahi sahabat utama pers award, pada acara Night Awarding SPS (Serikat Perusahaan Pers) Sumatera Utara di penghujung tahun 2022, Kamis malam (29/12/2022) di Aryaduta Hotel Medan.


Baskami Ginting salah seorang tokoh di Sumatera Utara, yang menerima penghargaan sahabat utama pers bersama sejumlah tokoh, mendapat penghargaan sahabat utama pers. Diantaranya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah, Pangdam I BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Kejati Sumut Idianto SH MH.


Penyerahan penghargaan sahabat utama pers itu diterima Nyonya Riahta br Bukit (istri Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting) hadir pada acara night awarding SPS Sumut. Seperti diungkapkan Ketua Panitia Hendrik Prayetno, Awards Night merupakan agenda rutin SPS Sumut yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Dua tahun lalu, Baskami Ginting juga menerima penghargaan sahabat pers, 2 Desember 2020, di Hotel Santika Medan.


"Baskami Ginting menerima Award Sahabat Utama Pers versi SPS Sumut dinilai sangat wajar dan layak , karena sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang politisi senior PDI Perjuangan ini memang sosok media darling. Kebaikan dan kemurahan hati, sosok Baskami Ginting sudah dikenal sangat humble dan familiar dengan kalangan wartawan," ungkap wartawan senior  di DPRD Sumut Agus Salim Ujung (Garudaonline) dan Firdaus Peranginangin (Harian SIB).


Firdaus Peranginangin menilai, Baskami Ginting tidak saja menjadi narasumber, yang selalu siap dimintai pendapatnya terkait dengan permasalahan yang tengah berkembang di tengah masyarakat, tapi juga figur yang selalu peduli dan siap membantu kapan pun dibutuhkan.


Hal serupa juga diungkapkan Ketua Pokja Wartawan DPRD Sumut Mery Ismail SSos (Harian Realitas), bahwa dirinya sudah mengenal Baskami Ginting sejak pertama kali duduk sebagai anggota DPRD Sumut pada 1999. sangat dekat dengan pers dan tidak pernah menolak setiap diwancarai atau dimintai keterangan terkait persoalan rakyat, sesuai tugas dan fungsinya sebagai politisi, legislator maupun tokoh masyarakat,


"Saat itu Pak Bas juga sudah terbiasa kongko-kongko dengan para jurnalis di dewan. Jika wartawan ingin memperoleh penjelasan ataupun informasi melalui telepon seluler,  beliau tidak pernah mereject, bahkan di miscall saja langsung diteleponnya kembali," ujarnya.


Kedekatan Baskami Ginting dengan pers, tambahnya lagi, terlihat dari dukungan dan suportnya terhadap kegiatan PWI Sumut yang dipimpin Farianda Putra Sinik. "Kami berharap kedekatan beliau dengan PWI Sumut lebih akrab," ujarnya.


Sebagai seorang pengusaha dan politisi sukses, ungkap Mery yang juga Ketua Seksi bidang pemerintahan, politik dan Hankam PWI Sumut ini, Pak BG (sebutan dikalangan wartawan) tidak pernah bersikap sombong. 


"Beliau pribadi yang sangat ramah, terbuka dan peduli. Pak BG juga sosok yang mengayomi dan rela berkorban demi membantu para wartawan," terangnya. 


Apresiasi dan rasa syukur atas penghargaan 'Sahabat Pers' terhadap Baskami Ginting, juga disampaikan wartawan lain yang bertugas di DPRD Sumut, seperti Jamaluddin, David Susanto, Mursal Iswara, Hafnida Dalimunthe, Erris J Napitupulu, Isvan Wahyudi, Heru Susilo, Amsari dan lainnya.


Ketua SPS Sumut H Farianda Putra Sinik SE sendiri menyebutkan, penganugerahan sahabat utama pers kepada sejumlah tokoh di Sumut, termasuk Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, karena telah memberi dukungan penuh terhadap kegiatan-kegatan SPS termasuk lembaga yang menaungi wartawan, seperti PWI di Sumatera Utara, juga kegiatan lain melibatkan pers.


Apalagi di Februari 2023, kata Farianda yang juga Ketua PWI Sumut, Sumatera Utara menjadi tuan rumah HPN (Hari Pers Nasional), diharapkan dukungan dari Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Pangdam I BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Kejati Sumut Idianto SH MH. (A-Red)