Notification

×

Iklan


Iklan


Panitia Pemekaran Kabupaten Deli Serdang Sambangi Ketua DPRD Sumut Diruang Kerjanya

Kamis, 04 Mei 2023 Last Updated 2023-05-04T01:59:10Z
Teks foto, Baskami bersama panitia pemekaran Kabupaten Deliserdang 


Ayomedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menerima panitia pemekaran Kabupaten Deli Serdang, di ruangan kerjanya, Selasa (2/5/2023). 


Pada pertemuan tersebut, Politisi PDI Perjuangan itu membahas wacana pemekaran 10 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, menjadi Kabupaten Deli.  "Bila semangat pemekarannya untuk pemerataan pembangunan dan menekan angka disparitas antar wilayah, saya mendukung," kata Baskami. 


Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, wacana pemekaran daerah lumrah terjadi, akan tetapi mesti dibahas secara komperehensif. 


"Tinjauan yuridis, aspek ekonomi, sosioal-kultural dan alur pembangunan di sana. Maka saya meminta agar semuanya memberikan sumbangsih pemikiran, baik dari akademisi, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya," tandasnya. 


Ditambahkannya, pemekaran wilayah perlu juga memperhatikan keunggulan komparatif daerah, yang mampu menjadi pemasukan bagi PAD daerah tersebut. 


"Sehingga pemekaran nantinya tidak bergantung pada anggaran provinsi, bahkan APBN. Saat ini juga moratorium masih belum dicabut," terangnya. 


Sementara itu, Ketua Presidium Dana Barus mengungkapkan, pihaknya telah melayangkan surat permohonan audiensi sebanyak tiga kali dengan Pemkab Deliserdang, guna membahas wacana pemekaran itu. "Namun sampai saat ini belum ada kabar. Kami masih menunggu," tuturnya. 


Dana menyebut, wacana pemekaran Deliserdang menjadi Kabupaten Deli itu telah bergulir beberapa tahun lalu. Dan kesepuluh kecamatan yang akan menjadi Kabupaten Deli yaitu, Sunggal, Sibolangit, Patumbak, STM Hulu, STM Hilir, Delitua, Sobiru-biru, Kutalimbaru, Pancurbatu, Namorambe. Kecamatan Gunung Meriah akan menyusul dan bersedia untuk bergabung. 


"Kami berharap dengan dukungan Bapak Baskami, wacana pemekaran Deliserdang menjadi Kabupaten Deli ini dapat segera diwujudkan," pungkasnya. 


Amatan awak media, kunjungan Panitia Pemekaran Deli Serdang dipimpin Ketua Presidium Dana Barus SH, M.Kn, Sekretaris Wan Saiful Anwar, S.Sos, M.Si dan Sabar Bangun selaku ketua panitia kerja.  (A-Red)