Notification

×

Iklan


Iklan


Baskami Apresiasi Kinerja TNI dan Kepolisian Tindak Begal Pelaku Kejahatan Jalanan

Rabu, 21 Juni 2023 Last Updated 2023-06-21T10:20:00Z

Ayomedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting memberikan apresiasi atas kinerja kepolisian, baik Polda Sumut dan Polrestabes Medan dalam menindak tegas kejahatan jalanan dan begal yang telah banyak memakan korban. 


Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, pihaknya mendukung tindakan tegas dan terukur dari penegak hukum, agar memberikan efek jera bagi para pelaku. 


Diketahui, polisi telah menangkap empat pelaku begal yang menewaskan mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bernama Insanul Anshori Hasibuan. Keempatnya ditembak karena melawan dan mencoba melarikan diri saat akan ditangkap, berinisial A, MR, NA, dan R. 


"Mari kita sama-sama membantu kepolisian dalam mencegah kejahatan ini. Kejahatan begal ini harus diberantas, karena kejahatan ini sudah begitu meresahkan," katanya melalui rilis tertulis,  Rabu (21/06/2023). 


Baskami menambahkan, kejahatan begal ini mesti dicegah dengan kerjasama antara masyarakat, Polisi, TNI dan pemerintah. 


"Masyarakat harus waspada dan segera laporkan bila ada kecurigaan akan terjadi tindakan kejahatan. Jumlah personel polisi itu terbatas sehingga kita harus bersama melakukan pencegahan sejak dini di lingkungan sekitar,” harapnya.


Baskami menyoroti, dugaan maraknya aksi begal yang terjadi di Kota Medan dan wilayah lainnya  bisa dikarenakan berbagai sebab,  salah satunya ialah faktor narkoba. 


“narkoba ini selalu menjadi pintu gerbang untuk kejahatan lainnya. Maka awasi anak-anak kita di rumah dari penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.


Baskami meminta masyarakat  lebih waspada menyusul aksi kejahatan jalanan seperti begal yang kerap terjadi akhir-akhir ini, terutama menjalankan aktivitas di malam hari. 


“Untuk pengamanan harus ditingkatkan TNI dan Polri lebih baik, utamanya pada malam hari,” pungkasnya.  (A-Red)