Notification

×

Iklan


Iklan


Telusuri Penyebab Harga Ayam Potong Naik, Dirut PUD Pasar Sambangi Pedagang dan Agen

Minggu, 11 Juni 2023 Last Updated 2023-06-11T03:57:56Z
Tels foto, Suwarno berdialog dengan pedagang dan agen ayam potong 


Ayomedan.com - Medan, Datang ke Pasar Petisah, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno mengecek sejumlah harga komoditas pangan. Salah satunya harga ayam potong, yang saat ini menyentuh hingga Rp40 ribu perkilogramnya.


Dikesempatan itu, Suwarno didampingi Kepala Pasar Petisah II Bananda Suandi, langsung mengecek harga pangan dipasar tersebut, Sabtu (10/6/2023).


Suwarno kemudian membeli seekor ayam hidup. Setelah ditimbang, ayam memiliki berat 1 kg. Harga ayam tersebut Rp32 ribu perkilogram. Setelah melewati proses pemotongan dan membuang kotoran, ayam yang tadinya memiliki berat 1 kg menjadi 6 ons. 


"Konsumen kan mintanya ayam yang bersih, jadi setelah ditimbang saat hidup dan melewati proses pemotongan dan pembersihan berat ayam jadi 6 ons. Jadi inilah yang membuat harga naik. Bahkan dari harga modal Rp28 ribuan, harusnya kami menjual Rp43 ribu sampai Rp45 ribu," kata Erwin pedagang pertama yang menjelaskan kepada Suwarno. 


Tak hanya kepada pedagang, Suwarno juga menemui sejumlah agen ayam di pasar tersebut. Menurut para agen ini, harga ayam telah ditentukan oleh salah satu perusahaan. 


"Karena mereka yang pegang DO. Dari mulai pembibitan, pakan, ternak, sampai harga orang itu (perusahaan) yang menentukan," ujarnya. 


Akibatnya, sambung nya lagi, peternak ayam yang membuka usaha sendiri menjadi kewalahan. Bahkan tak sedikit pemilik kandang ayam pribadi menjadi tutup lantaran hal tersebut. 


"Kalau kandang pribadi panen dan ngambil sendiri, dimurahkan harganya sama orang itu. Jadi tutup lah kandang pribadi itu karena gak kuat. Mau tak mau, pemilik kandang pribadi harus ikut kerja sama dengan orang itu (perusahaan)," terangnya.


Dari hasil diskusi dengan pedagang dan agen ayam tersebut, Suwarno kembali menjelaskan, akan berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. "Supaya dapat diambil langkah menstabilkan harga ayam potong saat ini,' pungkasnya.  (A-Red)