Notification

×

Iklan


Iklan


Wujudkan Lansia Yang Sehat dan Produktif, LLI Kota Medan Siap Berkolaborasi Dengan Pemko Medan

Kamis, 03 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-04T04:15:07Z

Ayomedan - Medan, Setelah dilantik Wali Kota Medan Bobby Nasution, Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kota Medan menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemko Medan untuk mewujudkan Pembangunan Kota, Terutama bagi komunitas lanjut usia yang Sehat, Produktif, Berdaya dan Sejahtera. 


Pelantikan Pengurus Lembaga Lanjut Usia Kota Medan periode 2023-2028 ini dilakukan Bobby Nasution sekaligus dengan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke -27 tahun 2023 di Hotel Madani, Kamis (03/08/2023). Terpilih sebagai Ketua Pengurus LLI Kota Medan Renward Parapat, Sekretaris Benny Suheri dan Bendahara Khairani Siregar.


Dalam sambutannya, Bobby Nasution berharap LLI Kota Medan dapat berkolaborasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, sebab banyak sebenarnya yang bisa dijadikan referensi bagaimana lansia di suatu wilayah menjadi lansia yang produktif.  Artinya kita harus dapat mengubah mindset lansia di usianya saat ini yang biasanya hanya duduk dan mengurus cucu harus lebih produktif.


"Kita menginginkan Lansia ini memiliki kegiatan khusus yang membuat lebih sehat dan produktif dengan mengubah mindset kita. Seperti di beberapa negara lansia itu melakukan aktifitas magang seperti anak perkuliahan di akhir masa pendidikannya. Oleh karenanya kolaborasi dengan perangkat daerah harus diperkuat, sebab banyak kegiatan yang dapat dilibatkan Lansia di perangkat daerah," kata Bobby Nasution.


Kemudian Bobby Nasution mencontoh kegiatan yang bisa melibatkan lansia seperti pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemko Medan yang bertemakan universal desain, dimana selama ini trotoar kita yang ukurannya tinggi kita buat rendah, agar Lansia dan masyarakat difabel mudah naik ke trotoar.


"Kita buat trotoar rendah agar seluruh masyarakat termasuk lansia dan difabel dapat dengan mudah naik dan memanfaatkan trotoar tersebut," Jelas Bobby Nasution.


Diyakini Bobby Nasution, melalui pengurus baru LLI Kota Medan lansia di kota Medan akan sehat dan lebih produktif serta terus memberikan sumbangsihnya untuk pembangunan kota Medan kedepannya.


Sementara itu Ketua LLI Kota Medan Renward Parapat menyebut, kalau Lembaga Lanjut Usia Kota Medan siap berkolaborasi dan bergandeng tangan dengan Pemko Medan untuk mewujudkan pembangunan kota terutama bagi komunitas lanjut usia yang sehat berdaya dan sejahtera.


"Kami LLI Kota Medan menyatakan siap berkolaborasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan untuk mewujudkan pembangunan kota yang khususnya untuk komunitas lansia yang sehat, produktif, berdaya dan sejahtera," ucapnya.


Ditambahkan Renward, melalui LLI menjadi pengingat bagi kita bahwa setiap insan pasti bermanfaat bagi sesama tanpa terikat pada usia. Artinya Lansia merupakan  siklus kehidupan manusia yang pasti setiap orang akan mengalaminya.


"Kenyataan saat ini menyebut kata lansia yang terbesit adalah seseorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal lansia dapat berdaya sebagai subjek dalam pembangunan kesehatan. Bertambah usia bukan tidak berdaya, seperti yang dicetuskan WHO bahwa lansia harus active ageing, artinya mendorong dan membentuk lansia yang sebelumnya tidak aktif menjadi aktif yang bertujuan untuk memperpanjang usia sehat dan produktif," tutur Renward.


Renward juga menambahkan, sebagai proses optimalisasi kesempatan kesehatan dan partisipasi keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia. Artinya kita perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif secara optimal baik fisik sosial dan psikologis dalam kehidupan sehari-hari sampai usia berapapun.


"Saya optimis hal ini dapat dirasakan lansia kota Medan atas dukungan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Untuk itu juga saya mengajak seluruh pengurus kedepankan lebih mengaktifkan lembaga Lanjut Usia Indonesia Kota Medan tingkat Kecamatan dan lebih mendorong sebagai agen perubahan untuk mengubah cara hidup lansia yang sehat mandiri dan produktif sehingga bermanfaat bagi lingkungan," pungkas Renward sembari mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang sudah melantik pengurus LLI Kota Medan.


Di pertemuan ini sebagai motivasi untuk lansia agar lebih sehat dan produktif Bobby Nasution memberikan sejumlah bantuan untuk Lansia yang difabel seperti 5 kursi roda dan 7 tingkat. Selain itu Bobby Nasution juga memberikan hadiah handphone kepada Lansia yang bisa menjawab pertanyaan.
(A-Red)