Notification

×

Iklan


Iklan


Antonius Tumanggor Ajak Warga Sei Agul Jaga Kebersihan Lingkungan Dari Sampah

Sabtu, 09 September 2023 Last Updated 2023-09-09T13:44:12Z



Ayomedan.com - Medan, Sosialisasikan produk Hukum Daerah nomor 6 tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan, anggota DPRD Kota Medan Antonius Devolis Tumanggor S.Sos (foto), mengajak warga Kelurahan SEI Agul, Kecamatan Medan Barat dan sekitarnya, untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama sampah.


Hal ini dikatakan politisi dari partai NasDem Kota Medan ini saat pelaksanaan Sosperda tentang Pengelolaan Persampahan yang dilaksanakan di Halaman GKPS, Jalan Danau Singkarak kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat kota Medan, Sabtu (09/09/2023) sore.


Antonius menambahkan, akhir-akhir ini cuaca di kota Medan sangat ekstrim. Dimana cuaca yang tadinya panas terik, tiba tiba hujan turun dengan derasnya. Sehingga dikawatirkan akan menyebabkan banjir, apalagi didalam saluran drainase ada tumpukan sampah.


"Untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan saat ini, saya mengajak bapak dan ibu sekalian agar tetap menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama di parit, sungai dan tempat tempat lahan kosong yang padat penduduk. Faktor sampah yang menumpuk dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit kulit dan penyakit menular lainnya, makanya ini harus kita waspadai," ucapnya


Wakil rakyat asal dapil 1 kembali menambahkan, bahwa hal ini perlu dukungan Lurah dan Camat dengan melakukan sosialisasi tentang persampahan secara intens.


"Ini tantangan bagi warga yang tinggal dipinggiran sungai. Sampai hari ini masih kita dapati warga membuang sampah kedalam sungai. Kelakuan ini yang harus dirubah warga. Dengan hanya membayar retribusi sampah Rp.10 ribu, lingkungan bersih dan PAD pemko Medan dari retribusi sampah dapat tercapai. Lingkungan warga  dipastikan bersih, maka sungai dan parit dipastikan terbebas dari tumpukan sampah," jelas anggota DPRD Kota Medan yang duduk di Komisi 4.


Selanjutnya pada kesempatan ini, Antonius Tumanggor juga meminta khususnya warga jemaat GKPS Danau Singkarak dapat memilih wakil rakyat yang sudah teruji kinerjanya. "Do'a dari bapak dan ibu semua di acara ini sangat saya harapkan, dan nantinya dapat membangkitkan semangat saya. Sehingga sama kita harapkan dapat membawa saya duduk kembali di kursi DPRD Kota Medan tahun 2024 untuk kedua kalinya," harap Antonius disertai tepuk tangan para tamu undangan.


Ahmad Fauzi, pewakilan Kecamatan Medan Barat menyampaikan rasa terimakasih kepada anggota DPRD Kota Medan, Antonius Tumanggor yang sudah menyelenggarakan pelaksanaan Sosperda Persampahan di wilayah kecamatan Medan Barat.


Dikatakan Ahmad Fauzi, sejak terpilih menjadi wakil rakyat, sudah banyak perbuatan bapak Antonius Tumanggor yang telah dirasakan oleh masyarakat. Termasuk juga jalan Dairi yang barusan sudah dikerjakan.


"Kami sampaikan, bahwa saat ini Pemko Medan sedang melakukan pengorekan sungai di jalan pertempuran Sei Deli. Pengorekan akan sampai ke Panca Budi. Sebab jika hujan turun maka sampah akan menumpuk di jalan danau Singkarak. Jika ini selesai, maka kita harapkan tidak ada lagi ditemukan sampah di sungai sungai," kata Kasi Sarpras Kecamatan Medan Barat ini.


Menurut Ahmad Fauzi, dengan adanya pelaksanaan Sosperda No. 6 Tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan, perwakilan pihak Kecamatan Medan Barat ini berharap tidak ada lagi ditemukan warga membuang sampai sembarangan.


"Karena dalam Perda tersebut, juga ada ancaman pidana dan denda jika ada warga dan perusahaan yang diketahui membuang sampah sembarangan," pungkasnya.




Acara Sosialisasi Perda, ditutup dengan pemberian cinderamata dan nasi kotak secara simbolis dilanjutkan dengan sesi foto bersama para tamu dan undangan yang hadir diacara tersebut. (A-Red)