Notification

×

Iklan


Iklan


Dalam BBM, IGP Wira Kusuma: Penanganan Pemerintah Atas Inflasi Sudah Baik dan BI Pertahankan BI7DDR 5,75% (yoy)

Jumat, 08 September 2023 Last Updated 2023-09-08T12:00:35Z




Ayomedan.com - Medan, Perkembangan ekonomi Indonesia terkini secara global terus berlanjut pada triwulan II-2023 dengan pertumbuhan sebesar 5,17% (yoy), menguat dari triwulan I-2023 sebesar 5,04 % (yoy).


"Sumber pertumbuhan, terutama dari kuatnya permintaan domestik, sejalan kenaikkan pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan pemerintah serta peningkatan investasi ditengah kinerja ekspor yang menurun karena melemahnya perekonomian dan harga komoditas Dunia," ucap Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara, IGP Wira Kusuma, dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) di lantai 6 gedung BI Sumut, Jum'at (08/09/2023) siang.


Didampingi Deputi Kepala KPwBI Sumut, Suharman Tabrani, Wira Kusuma kembali menambahkan, bahwa penanganan Pemerintah atas inflasi yang terjadi sudah sangat baik. "Terkait kenaikan komoditi beras, saat ini BI terus bersinergi dengan semua pemangku kebijakan, ini salah satu langkah mengantisipasi tidak terjadinya inflasi di Sumut," ujarnya.


Sedangkan perekonomian secara global, sambung Wira,  BI memperkirakan pertumbuhannya  mencapai 2,7% (yoy). Perekonomian global semakin menaikkan pasar keuangan global dan mendorong aliran dana kenegara berkembang lebih cepat.


"Akan tetapi, pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut pada triwulan II 2023. Sedangkan perekonomian Sumut pada triwulan II-2023 tumbuh 5,19% (yoy), meningkat dari periode sebelumnya," terangnya.


Untuk Outlook di Sumut, lanjutnya, diperkirakan tetap kuat pada 2023. Tekanan inflasi di Sumut diperkirakan menurun pada 2023, namun terdapat beberapa resiko pendorong.


"Sesuai hasil keputusan RDG pada 23-24 Agustus kemarin, bahwa BI mempertahankan BI7DRR sebesar 5,75%," jelasnya.




Kegiatan BBM yang dipandu Indra Kuspriyadi selaku Kepala Devisi Implementasi BI Sumut, juga diwarnai tanya jawab oleh 30 orang wartawan yang hadir secara Offline, dan diakhiri dengan sesi foto bersama, Kepala BI dan jajaran serta para awak media bersama Poltak Sitanggang, Kepala Devisi Implementasi BI yang memasuki masa purna tugas. (A-Red)