Notification

×

Iklan


Iklan


Warga Sicanang Antusias Sambut Tim Safari Jum'at Pemko Medan di Masjid Quba

Jumat, 27 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-27T12:08:50Z



AyoMedan.com - Medan, Ratusan warga Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan antusias berkumpul di Masjid Quba untuk menyambut tim Safari Jum'at Pemko Medan. Selain mengikuti rangkaian kegiatan Safari, warga juga terlihat memadati meja pelayanan publik yang ada halaman masjid, Jum'at (27/10/2023).


Kehadiran tim Safari Jum'at Pemko Medan, dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kabag Kesra Abu Kosim Nasution. Dalam kunjungan ini, sejumlah bantuan diberikan Pemko Medan untuk BKM Masjid Quba Sicanang.


Kegiatan safari ini dimulai setelah shalat Jum'at. Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kabag Kesra dalam sambutannya mengatakan safari Jum'at menjadi program Pemko Medan yang sudah terjadwalkan. Program ini menjadi bentuk implementasi Pemerintah dalam membangun kualitas keimanan umat muslim sekaligus menjadikan Medan sebagai pusat peradaban Islam di Sumatera Utara.


"Dalam upaya mewujudkan pusat peradaban Islam secara menyeluruh, kita tidak serta merta berharap hal yang instan. Safari Jum'at ini menjadi langkah awal, serta permulaan yang diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang diawali dari masjid," jelas Kabag Kesra.


Menurut Kosim Nasution, masjid tentu sangat akrab dalam kehidupan kita dan tentunya bukan hal baru bagi kita sebagai umat Islam. Dalam sejarah perkembangan Islam, antara kita sebagai umat muslim memiliki kaitan yang erat dengan keberadaan mesjid. Artinya hal ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain.


"Masjid tidak hanya sebatas tempat ibadah, namun dengan adanya safari Jum'at ini, Pemko Medan berupaya agar peran dan keberadaan masjid di seluruh kota Medan menjadi pusat pemberdayaan bagi umat muslim. Hal ini tertuang dalam program masjid mandiri yang dicanangkan bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution," ujar Kosim Nasution.


Kosim menambahkan, pelaksanaan Safari Jum'at ini lebih istimewa di masjid Quba. Sebab, teringat kita terhadap masjid Quba di tepi kota Madinah yaitu masjid pertama yang dibangun langsung dengan tangan Rasulullah SAW. Kita yakini semangat ketaqwaan masjid Quba ini tidak kalah dengan masjid Quba yang Madinah.


"Mari kita menjadi umat muslim masa kita yang berani dalam menyampaikan syiar Islam kepada siapapun dan tetap rendah hati. Di momentum ini mari kita bantu doakan saudara kita di Palestina agar mampu menang dalam pertempuran mereka melawan penjajah zionis Israel," tuturnya.


Hasnah, seorang warga kelurahan Sicanang  mengungkapkan dirinya bersama Ibu -ibu hadir di masjid Quba untuk mengikuti rangkaian kegiatan safari Jum'at yang digelar Pemko Medan.


"Kami disini karena mendapat informasi dari Kepling, ada tim safari Jum'at yang datang ke Masjid Quba. Sehingga beramai-ramai kami datang untuk mengikuti kegiatan tersebut," terangnya.


Sebelumnya, Ketua BKM Masjid Quba Muslim mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah memberikan bantuan untuk renovasi masjid.


"Bantuan tersebut sudah kami terima dan bisa dilihat bersama kaca masjid yang sedang dibangun ini menggunakan dana bantuan dari Pemko Medan. Terima kasih pak Bobby Nasution atas bantuannya," ucap Ketua BKM.


Menurut Muslim, Masjid Quba ini merupakan masjid yang tertua di Kecamatan Medan Belawan, yang telah berdiri sejak tahun 1953 dan sudah beberapa kali direnovasi.


Adapun bantuan yang diberikan Pemko Medan untuk Masjid Quba adalah bantuan Pembangunan Masjid sebesar Rp 50 Juta, bantuan Sosial senilai Rp 10 Juta, akte pendirian koperasi, gerobak dan Steling usaha serta bantuan peralatan olahraga dan buku untuk perpustakaan Masjid. (A-Red)