Notification

×

Iklan


Iklan




Wong Chun Sen: Saya Senang 5 Bayi Stunting Alami Perubahan Kesehatan Positip

Minggu, 15 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-15T14:30:57Z



AyoMedan.com - Medan,  Ketua Permabudhi Sumut, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B (foto) mengaku senang, sebab 5 anak penderita Stunting yang selama ini diberikannya asupan gizi dan susu sudah banyak mengalami perubahan positif. Hal ini tentunya membuat Sekretaris Komisi II DPRD Kota Medan ini tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak keluarga yang turut berpartisipasi dengan sabar merawat anak mereka selama ini, sehingga mengalami banyak kemajuan kesehatannya.


Wong Chun Sen menyebut, sejak bulan April tahun 2022 lalu mendengar ada balita di dapil 3 yang menderita Stunting, legislator asal dapil 3 ini bersama tim langsung mengunjungi kediaman para balita penderita Stunting tersebut, sembari memberikan bantuan asupan susu dan vitamin kepada orangtua balita tersebut.


"Saya sangat bersyukur setelah 1 tahun lebih memberikan asupan gizi dan susu kepada 3 anak balita penderita Stunting awalnya, lantas beberapa bulan selanjutnya bertambah 2 balita lagi. Dan hingga hari ini dari ke 5 balita tersebut, kesehatan semuanya sudah mengalami perubahan positip dan pertumbuhannya normal," kata Wong kepada wartawan disela sela kunjungan, Minggu (15/10/2023) pagi.


Diakui Wong, saat pertama dirinya menemui ke lima balita yang diketahui menderita Stunting, perasaannya sangat sedih. Karena, salah satu anak diusia 2 tahun kondisi hanya bisa tertidur dan belum bisa berjalan normal layaknya anak anak seusianya.


"Dan setelah mengkonsumsi susu dan vitamin yang saya berikan, maka saat ini ke lima anak balita penderita Stunting sudah ada kemajuan, meski masih ada 1 balita lagi yang masih perlu diperhatikan kesehatannya," ujar Wong.


Ditambahkan Wong, seorang balita Stunting bernama Jehan Arisa Pakpahan (3,5) yang tinggal di Jalan Mustapa Gang 7 Kelurahan PBD I, Kecamatan Medan Timur, sebelumnya masih memakai selang dan saat ini menurut pengakuan dari kedua orangtuanya tidak memakai selang lagi (selang sudah dilepas).


Saat ini, anak kedua dari Pasangan Suami Istri Sandi Zurahmat Pakpahan dan Siska Melfi Putri, yang diketuai sebelumnya juga mengalami sakit lumpuh otak atau 'cerebral palsy'. "Sekarang sudah kelihatan sehat dan selang yang terpasang di hidungnya telah dilepas, karena sudah tidak dibutuhkan lagi," tuturnya.


Sedangkan balita bernama Tukmaida br Dalimunthe, yang terlihat pertumbuhan sangat pesat dan daya tangkap otak sudah normal. Seperti pengakuan kedua orangtuanya, Tukmaida sudah bermain dengan anak anak seusianya dan termasuk anak yang pintar.


Padahal sebelumnya, lanjut Wong, Tukmaida adalah anak yang berusia 3 tahun yang tidak mampu berdiri dan berjalan.


"Sebelum diberi asupan gizi dan vitamin tambahan, Tukmaida hanyalah balita lemah yang tidak mampu bergerak dan berjalan. Namun saat ini balita tersebut sudah dapat berlari dan bermain dengan anak seusianya," ucap Wong dengan senang.


Atas perhatian Wong itu, Dawani Dalimunthe warga Jalan Bersama Gang Sembada, Medan Tembung yang tak lain ibu dari Tukmaida mengucapkan banyak terimakasih kepada ketua Permabudhi Sumut ini. Karena selama setahun lebih telah memberikan perhatian kepada anaknya, dengan memberikan bantuan berupa susu dan vitamin yang nominalnya mahal.


"Terimakasih  pak Wong, semoga bantuan serupa dapat bapak berikan lagi kepada anak anak penderita Stunting lainnya di kota Medan dan di Sumatera Utara. Kami berdoa bapak selalu tetap sehat dan panjang umur dan harapan kami bapak kembali terpilih menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Medan tahun depan," imbuhnya.


Berikut nama nama balita penderita Stunting yang selama ini telah diberikan bantuan asupan susu dan vitamin:


1.Jehan Arisa Pakpahan (3,5) yang tinggal di Jalan Mustapa Gang 7 Kelurahan PBD I, Kecamatan Medan Timur.
2.Raffi Yestan Situmeang GG.Balam
Kelurahan Tegal Rejo kec.Medan Perjuangan
3.Adriel Delano Siagian (4,5), dimana anak dari Anggiat Siagian dan Grece warga Jalan Gorilla Gang Gagal Merah, Medan Perjuangan.
4.Afia Indira Putri (4) Jalan Pertiwi Gang Kesuma No.10, Medan Tembung.
5.Tukmaida br Dalimunthe, anak Ke-5 dari pasangan Dawani Dalimunthe dan Dalimunthe warga Jalan Bersama Gang Sembada, Medan Tembung. (A-Red)