Notification

×

Iklan


Iklan


Bapenda Kota Medan Harapkan Kesadaran Masyarakat Bayar PBB Tepat Waktu

Kamis, 02 November 2023 Last Updated 2023-11-02T11:43:56Z



AyoMedan.com - Medan, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan, Benny Sinomba Siregar (foto)  melalui sekretaris Bapenda Kota Medan, M. Odi Anggia Batubara S.STP, menghimbau warga kota Medan agar memiliki kesadaran untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu.


"Kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak PBB, penyebab target PAD dari sektor ini belum tercapai," ucapnya kepada wartawan, Rabu (01/10/2023) siang.


Sementara itu, sambungnya lagi, pentingnya membayar pajak PBB sebagai bentuk ketaatan masyarakat atas penghasilan yang merupakan sumber penghasilan bagi negara.


"PBB merupakan pajak yang dipungut oleh pemerintah atas tanah dan bangunan, dimana besaran pajak tersebut berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Hasil pajak tersebut akan menjadi pemasukan negara yang dipergunakan untuk membangun infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sekolah, rumah sakit dan sebagainya untuk kepentingan seluruh warga masyarakat, termasuk untuk pembayaran gaji ASN," ujarnya.


Mentan Camat Medan Sunggal ini juga menyebut, pada tahun 2023 ini target PBB sebesar Rp.952 miliar, baru terealisasi Rp.586 miliar lkurang lebih. "Tentunya ini masih jauh dari target. Sehingga kita akan terus genjot dengan menghimbau masyarakat agar sadar membayar pajak PBB mereka," pungkasnya sembari menambahkan bahwa pajak dari Restoran dan Rumah Makan ada peningkatan.(A-Red)