Notification

×

Iklan


Iklan




Masyarakat Silalas Keluhkan Meteran Air Bermasalah dan Penggantian LPJU, Dame Duma Dorong Dinas Terkait Turun Untuk Perbaikan

Senin, 06 November 2023 Last Updated 2023-11-06T11:37:02Z



AyoMedan.com - Medan, Anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung menjelaskan perlunya masyarakat memiliki kartu BPJS Kesehatan dan memahami tata cara penggunaan program Universal Health Coverage (UHC), sehingga pada saat berobat ke puskesmas maupun rumah sakit tidak terkendala


Dewan yang duduk di Komisi IV DPRD Medan ini juga meminta, agar patugas puskesmas dan rumah sakit tidak menolak pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan, maupun UHC ketika ingin dirawat inap.


"Banyak warga yang mengeluhkan pelayanan di rumah sakit atau puskesmas saat masyarakat akan berobat menggunakan BPJS Kesehatan atau UHC. Petugas kesehatan di rumah sakit atau puskesmas selalu meminta surat dari BPJS Kesehatan terlebih dahulu, baru mau menangani pasien. Sedangkan masalah sakit itu urgen, urusan UHC tetap diurus. Tapi pasien itu utamakan dilayani terlebih dahulu," ungkap Dame Duma saat pelaksanaan Sosperda ke XI tahun 2023 No.4 Tahun 2012 di Jalan Sei Deli No.171 Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat, Senin (06/11/2023) pukul 15.00 Wib sampai selesai.




Anggota dewan asal Dapil 1 Kota Medan ini menjelaskan, bahwa dia pernah menolong warga yang dipersulit ketika berobat kerumah sakit. "Saya langsung bilang ke warga agar disambungkan langsung kepada petugas rumah sakit, dan meminta pihak rumah sakit agar pasien diutamakan terlebih dahulu. Masalah pengurusan administrasi UHC saya yang jamin jika biayanya tidak ditanggung pihak BPJS. Yang penting pasien di selamatkan terlebih dahulu," tuturnya.


Duma menyebut, bagi warga yang masih mendapat kendala saat berobat menggunakan UHC, agar secepatnya menghubungi dirinya ke rumah aspirasi di Jalan Beringin II Medan Helvetia.


"Wakil rakyat itu harus gampang dijumpai ketika masyarakat memerlukan pertolongannya. Untuk itu, bapak ibu harus bijak memilih wakil rakyat pada pileg tahun 2024 nanti," pesannya.


Dalam kesempatan itu, Siti Fatimah Kasi Kesos mewakili Camat Medan Barat mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Sosperda No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan di Kota Medan.


"Saya berharap, pelaksanaan Sosperda oleh wakil rakyat di dapil 1 Kota Medan ini dapat bermanfaat kepada masyarakat. Mengetahui tentang hak dan kewajiban warga tentang kesehatan," tuturnya.


Siti Fatimah, didampingi T Nikmatullah perwakilan Kelurahan, juga meminta, agar warga dapat mengikuti pelaksanaan Sosperda ini dengan tertib, serta berharap warga masyarakat Kelurahan Silalas tetap sehat selalu.


"Saya atas nama Kecamatan  mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan Sosoerda yang dilakukan oleh ibu Dame Duma Sari Hutagalung. Semoga apa yang di jelaskan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat kami," ujarnya.


Dalam sesi tanya jawab, Suhartati warga Jalan Rambutan, meminta penjelasan tentang pemakaian program UHC. "Sampai kapan program ini berlaku ya Bu," imbuhnya.


Menerima pertanyaan Suharti, Dame Duma mengatakan, program UHC akan berjalan hingga pemerintah mencabut paraturan tersebut. " Jadi selama pemerintah belum mencabutnya, peraturan nya masih berlanjut terus," terangnya.


Sedangkan, Icha warga Jalan Sei Deli mengeluhkan pembayaran air PAM yang mencapai 600 ribu setiap bulan. "Sebelum meteran air diganti, kama cuma bayar 100 per bulan. Tolonglah Bu Duma, dibantu permasalahan saya ini," pintanya.


Sedangkan menjawab keluhan Icha, Dame Duma langsung mengontak P Manik, Kacab PDAM Sei Agul melalui telepon WhastAap. Usai menghubungi Kacab PDAM Sei Agul, Duma memastikan pihak PDAM akan mengecek kelokasi.


"Besok mereka turun ya Bu, nanti sampaikan pokok permasalahannya. Agar mereka tahu," katanya.




Aisyah warga Silalas juga mengeluhkan tentang lampu jalan yang mati. "Sudah hampir dua tahun lampu jalan kami ini mati Bu Duma," tuturnya.


Menjawab keluhan Aisyah, Duma memastikan Dinas terkait akan segera menangani nya. "Tadi sudah kita hubungi, mereka bilang segera dikerjakan," paparnya


Dipenghujung kegiatan sosper, ratusan masyarakat mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi kinerja dari Dame Duma Sari Hutagalung, sehingga permasalahan air PAM yang macet dan lampu jalan yang mati dapat segera terselesaikan.


"Kami masyarakat Silalas yang hadir hari ini, mendukung dan mendoakan ibu Dame Duma duduk kembali di lembaga Legislatif Kota Medan pada tahun 2024 nanti,"  ratusan masyarakat secara bersamaan




Amatan wartawan, acara diakhiri dengan foto bersama dan memberikan star kit, kue serta nasi kotak. (A-Red)