Notification

×

Iklan


Iklan




Jelang Natru, Pemko Medan Perkuat Fungsi Trantib Kecamatan dan Kelurahan

Sabtu, 16 Desember 2023 Last Updated 2023-12-16T03:12:56Z



AyoMedan.com - Medan, Dalam rangka menyambut perayaan hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemko Medan meningkatkan fungsi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan. Tujuannya, guna menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) di kota Medan.


Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan saat rapat koordinasi dalam rangka kesiapan menjaga Trantibumlinmas di kota Medan yang dipimpin di Balai Kota, Jum'at (15/12/2023).D


Dihadapan para peserta rapat yang terdiri dari Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Medan, Ferri Ichsan mengungkapkan bahwa rapat ini bertujuan untuk lebih memperkuat fungsi dari trantibum. Sebab, menurutnya jabatan Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan seharusnya menjadi mata dan telinga Pemko Medan yang memiliki tanggung jawab dalam mendeteksi dini dan mencegah timbulnya hal-hal yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.


"Sebagai Kepala Seksi yang menjabat, fungsi Trantib harus mengetahui tugas pokoknya. Karena, sebuah kota dikatakan baik apabila kota tersebut dalam kondisi aman, tertib dan nyaman bagi masyarakat," kata Ferri Ichsan.


Disamping itu, lanjut Ferri Ichsan,  ditengah pembangunan infrastruktur kota yang secara masif terus dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, peran Kasi Trantib sangat penting untuk mensosialisasikan pembangunan ini kepada masyarakat agar masyarakat mengetahuinya.


"Jangan kita biarkan masyarakat  bertanya-tanya dan tidak merasakan kehadiran Pemerintah," ujar Ferri Ichsan.


Karena itu, sambung nya lagi, dihadapan Kasat Pol PP, Rakhmat Adisya Putra Harahap, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Muhammad Yunus, Kepala BKPSDM, Sutan Tolang Lubis, Kaban Kesbangpol, Andy Mario Siregar dan Camat Sekota Medan ini, Ferri Ichsan berharap melalui rapat koordinasi yang berlangsung, fungsi dan peran Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan dapat semakin ditingkatkan lagi.


Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat Adisya Putra Harahap menyebut, setiap permasalahan yang ada di wilayah harus terdeteksi dan dapat dicegah sedini mungkin. Disinilah peran dari Kasi Trantib diperlukan, agar cepat melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah lainya.


"Kita ingin terjalin kolaborasi yang intens antara Kasi Trantib, Kepling dengan petugas Perangkat Daerah, sehingga apabila terjadi suatu kejadian dapat segera diatasi bersama," pungkasnya. (A-Red)