Notification

×

Iklan


Iklan


Mampu Bangun Moda Transportasi Dengan Anggaran Terbatas, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub RI Apresiasi Pemko Medan

Kamis, 04 Januari 2024 Last Updated 2024-01-04T12:12:04Z



AyoMedan.com - Medan, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Suharto, sangat mengapresiasi atas komitmen Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah menjalankan amanah bahwa pemerintah berkewajiban menyiapkan layanan angkutan umum yang aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat.


Atas komitmen yang tinggi tersebut, lanjut Suharto, Kemenhub memiliki semangat yang luar biasa sejalan dengan semangat Wali Kota Medan dalam hal ini Dinas Perhubungan kota Medan, untuk menjadikan Kota Medan seperti Jakarta dalam Pembangunan transportasi.


“Kemenhub saat ini memiliki program bersama Bank Dunia (World Bank) untuk menjadikan Kota Medan seperti Jakarta sebagai barometer pembangunan transportasi,” kata Suharto saat mengikuti Operasional Uji Coba Bus Listrik Gratis di Perumahan J City sebagai titik awal halte bus listrik, Kamis (04/01/2024).


Ditambahkan Suharto, Kemenhub melihat progress Pembangunan transportasi di Kota Medan sangat luar biasa. Dengan anggaran yang terbatas, ungkapnya, Kota Medan kini mampu menjadi seperti Jakarta dalam pembangunan transportasi.


“Selama ini masyarakat di seluruh Indonesia menjadikan Jakarta sebagai barometer pembangunan transportasi karena uangnya tidak berseri. Namun dengan anggaran yang terbatas, Kota Medan mampu menjadi seperti Jakarta. Daerah lain nantinya akan berbondong-bondong ke Kota Medan untuk mempelajari bagaimana cara mengelola transportasi yang ada,” ujarnya.


Di bulan ini, sambung Suharto, Kemenhub dan Pemko Medan akan melakukan groundbreaking pembangunan infrastruktur guna mendukung operasional bus Listrik di Kota Medan seperti depo, halte dan lainnya. Dengan kehadiran bus listrik ini, harapnya, Kota Medan dapat menjadi kota yang cerdas dan ramah lingkungan ke depannya.


“Saya hari ini diminta hadir Pak Menteri Perhubungan atas tingginya komitmen Pak Wali Kota dalam pembangunan transportasi di Kota Medan. Operasional bus listrik ini sebenarnya dijadwalkan di Juli 2024, namun karena percepatan yang luar biasa, hari ini kita saksikan launching dan beroperasinya bus listrik. Kami mengucapkan terima kasih atas komitmen Pemko Medan,” terangnya.


Suharto berharap, upaya yang dilakukan Bobby Nasution ini dapat ditularkan ke  kota lainnya yang saat ini juga dengan kesadaran tinggi berjuang untuk membangun transportasinya.


"Sebab, transportasi sangat dibutuhkan masyarakat dalam mendukung kelancaran mobilitas dan mengembangkan perekonomian masyarakat," pungkasnya. (A-1Red)