Notification

×

Iklan


Iklan




KKP Gelar Pengawasan, Kehigienisan Ikan di Pasar Petisah Telah Penuhi Persyaratan

Jumat, 08 Maret 2024 Last Updated 2024-03-08T11:15:34Z



AyoMedan.Com - Medan, Kesegaran dan kehigienisan ikan di Pasar tradisional Petisah, dinilai telah memenuhi persyaratan. Pengawasan ini bagian dari program untuk membuat masyarakat nyaman dalam menjalankan ibadah Ramadan 1445 H.


Hal ini terungkap, ketika tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Statisun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Medan II mengadakan pengecekan ke Pasar Petisah, Kamis (07/02/2024).


Dirut PUD Pasar Medan, Suwarno SE didampingi Kepala Pasar Petisah II,.Bananda Suandi, turut mendampingi pengawasan tersebut.


Perdana Ginting selaku Ketua Tim Pokja tersebut menuturkan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan pengawasan ikan pasar domestik semester I.


"Dari pengawasan ini dapat menjamin mutu hasil perikanan yang dipasarkan secara domestik," ucapnya .


Pada kegiatan tersebut, lanjut Perdana, pihaknya mengambil sampel dari lima ekor ikan. "Tak hanya itu, pihaknya juga menilai dari segi sarana dan prasarana yang ada di los ikan Pasar Petisah," terangnya.


Menurutnya, dari penilaian sarana prasarana di Psar Petisah cukup higienis. Sanitasi dan kesegaran ikan memenuhi persyaratan.


"Kalau kita lihat secara organ oleptik, ikan-ikan layak dan memenuhi persyaratan. Najun secara mikro, masih menunggu hasil laboratorium," kata Perdana.


Sementara itu, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menjelaskan, kegiatan ini merupakan penerapan dari kolaborasi PUD Pasar Medan untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat.


"Terutama saat ini, menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1445 H. Kami berharap, kegiatan ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi pedagang, supaya menjaga kesegaran ikan yang dijual," tuturnya.(A-Red)