Notification

×

Iklan


Iklan


Antisipasi Pelanggaran HAM, Personil Sat Brimob Polda Sumut Gelar Latihan Kemampuan Anti Anarkis

Rabu, 24 April 2024 Last Updated 2024-04-24T06:55:14Z



AyoMedan.Com - Medan,  Personil Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan latihan rangkaian materi anti anarkis Detasemen 45 yang dilakukan di Mako Sat Brimob Polda Sumut, Jl. Bhayangkara, Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung. Latihan ini dipimpin oleh Komandan Kompi Den 45 Anti Anarkis P.O.H Kapolda Sumut IPTU Januar Fazhari bersama yang diikuti oleh personil Sat Brimob Polda Sumut. Rabu (24/04/2024).


Kegiatan latihan ini merupakan salah satu langkah pencegahan mengantisipasi kesalahan prosedur dalam melakukan penindakan dilapangan yang kerap kali berujung pada pelanggaran HAM.


Selain itu, kegiatan latihan ini juga merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Sat Brimob Polda Sumut untuk membangun rasa percaya diri personilnya pada saat melaksanakan tugas pengamanan dilapangan. Selain mempraktekkan bagaimana cara bertindak pada saat dilapangan dikegiatan latihan hari ini personil juga diajarkan tentang teori tentang penanganan aksi anarkis berdasarkan petunjuk dan arahan (Jukrah) dari Korps Brimob Polri.




Dansat Brimob Polda Sumut, KBP Rantau Isnur Eka, S.I.K., M.M., M.H., M.Han. mengatakan bahwa latihan tersebut dilaksanakan untuk melatih personil menghadapi massa anarkis sesuai dengan prosedur. 


“Untuk meningkatkan profesionalisme personil dalam menanggulangi tindakan anarkis, kami terus berupaya membuat skenario latihan yang telah disesuaikan dengan kejadian yang sebenarnya untuk mengurangi kesalahan prosedur penindakan sebagai wujud dari Polri yang Presisi,” kata Dansat Brimob Polda Sumut.


Dengan adanya pelatihan ini, sambung Dansat Brimob, maka kedepan personil Brimob akan lebih terlatih dalam penanganan tindakan anarkis dengan mengedepankan sikap humanis.


"Sesuai dengan SOP yang berlaku,” pungkasnya.(A-Red)