Notification

×

Iklan


Iklan


Tumpukan Sampah di Pasar Helvetia, Suwarno: Ternyata Banyak Berasal Dari Sampah Warga

Kamis, 18 April 2024 Last Updated 2024-04-18T14:30:16Z



AyoMedan.Com - Medan, Tumpukan sampah di areal Pasar Helvetia tak terlepas dari perbuatan warga sekitar yang ikut-ikutan membuang sampah rumah tangganya.


Hal ini didapati langsung oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno ketika melakukan pengecekan di Pasar Helvetia, Kamis (18/04/2024) malam. Dikatakan Suwarno, volume sampah pedagang di Pasar Helvetia berada dikisaran 3 kubik setiap harinya.


Dari hasil inspeksi ini, lanjut Suwarno, kedepannya akan meniadakan bak sampah di areal tersebut. Selain itu, intensitas pengangkutan volume sampah akan ditambah. Sehingga sampah dengan cepat terangkut dan tidak menumpuk. Sebagai upaya mengedukasi masyarakat, spanduk imbauan agar tak buang sampah di lokasi pasar juga dipasang.


"Ini nanti diratakan saja tempatnya. Tempat pembuangan sampah kita pindahkan saja ke areal di dalam pasar supaya tidak ada lagi warga buang sampah di pasar. Kita harap ini dapat menekan masyarakat yang membuang sampah di areal pasar ini," ucap Suwarno.


Sebelumnya, Suwarno telah mengecek areal tempat pembuangan sampah yang sebenarnya dikhususkan bagi pedagang.


Disaat sedang berdiskusi dengan petugas kebersihan Pasar Helvetia, Suwarno melihat adanya warga yang menaiki sepeda motor hendak membuang sampah. Pria tersebut sudah berancang-ancang membuang sampahnya yang dibungkus plastik.


Suwarno bergegas menghampiri pria tersebut sembari mengingatkan bahwa lokasi tersebut bukan diperuntukan untuk sampah rumah tangga. "Mohon izin pak, jangan buang sampah di sini. Karena ini peruntukannya hanya untuk sampah pedagang, bukan masyarakat umum," ujar Suwarno.


Meski awalnya berupaya berargumentasi dengan Suwarno mengenai buang sampah, pria yang mengenakan topi tersebut akhirnya memilih membawa kembali sampahnya.




Tak berapa lama, pihak Kelurahan Helvetia Tengah tiba di lokasi. Suwarno mengajak pihak kelurahan berkolaborasi supaya masyarakat tak sembarangan membuang sampah di areal pasar.


"Supaya masyarakat teredukasi tidak membuang sampah di sini, maka diperlukan kolaborasi di antara kita," harap Suwarno.


Kebiasaan para warga yang membuang sampah di areal pembuangan sampah di Pasar Helvetia, diakui pula oleh masyarakat setempat. Seperti dituturkan lelaki beruban (50) kepada Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, aktifitas oknum warga membuang sampah mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB hingga dini hari.


Sebagai warga yang tinggal tak jauh dari pasar, dirinya kerap mengingatkan warga agar tak membuang sampah di tempat tersebut.


"Cuma kalau kami bilangi, nanti yang ada bertekak mulut kami. Biasanya nanti di atas jam 8 malam mulai rame itu yang buang sampah. Bahkan ada yang pake mobil juga buang sampag ke sini," sebut pria yang minta namanya tidak ditulis. (A-Red)