Notification

×

Iklan


Iklan




Jelang Pilgubsu Tahun 2024, KPU Sumut Gelar Diskusi Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media

Selasa, 25 Juni 2024 Last Updated 2024-06-25T07:59:49Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Agus Arifin (foto) optimis tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2024 mencapai 80 persen.


“Kita berharap tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) tahun 2024 bisa mencapai target 80 persen. Keinginan itu semua bisa tercapai atas adanya dan tidak terlepas dari peran serta dan partisipasi dari media, khususnya yang tergabung di Media Center KPU Sumut," kata Agus Arifin dalam kata sambutannya saat membuka Diskusi Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2024 bersama ratusan wartawan, yang digelar di JW Marriott Hotel Jalan Putri Hijau, Kota Medan, Provinsi Sumut, Selasa (25/06/2024) pagi.


Dihadiri Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE (foto), Koordinator Divisi Parmas KPU Sumut, Sitori Mendrofa dan Kabag Hukum KPU Sumut, Maruli Pasaribu tersebut, Ketua KPU Sumut ini juga menyampaikan kalau sebelumnya pembentukan media center di KPU Sumut sempat awalnya mengalami dinamika.


"Namun itu semua akhirnya bisa berjalan dan terselesaikan. Media Center akan kita fasilitasi, terutama ruangan wartawan. Dimana ruangan itu berada di kantor KPU Sumut," terangnya seraya berharap agar pemberitaan dan informasi-informasi yang dimuat di media harus bisa menyejukkan dan mengedukasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024 ini.




Sementara itu, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik (foto), selalu narasumber mengakui bahwa pesta demokrasi lima tahunan ini harus dapat dirasakan manfaatnya bagi media massa atau wartawan.


"Organisasi profesi seperti PWI telah membangun kesepahaman atau MoU dengan Kementerian Dalam Negeri, yang pada dasarnya diharapkan lewat Pilkada Serentak 2024 media massa dan pers mendapat sebanyak-banyaknya manfaat dari event akbar ini," katanya.


PWI berharap, sambung Farianda, KPU Sumut juga dapat mewujudkan aspirasi ini sehingga media massa dan jurnalis, ikut menjadi bagian suksesi Pilkada serentak di Sumut terkhusus Pilgubsu.


"Saya paham betul isi hati saudara-saudara saya yang hadir hari ini. Makanya dalam kesempatan ini saya mewakili aspirasi mereka, agar KPU Sumut dapat memberikan manfaat bagi kami dalam perhelatan Pilgubsu nanti. Baik itu bentuk iklan sosialisasi ataupun yang lainnya. Artinya, bagaimana agar kami juga ikut berpesta dalam pesta demokrasi ini, tidak hanya KPU-nya saja," pungkasnya.





Sebelumnya, Koordinator Divisi Parmas KPU Sumut, Sitori Mendrofa dalam sambutannya berharap para awak media yang tergabung di Media Center KPU Sumut bisa saling bekerjasama dan tidak saling menjelek-jelekkan.


“Wartawan yang tergabung di Media Center KPU Sumut, merupakan suatu keluarga," tutupya.(A-Red)