Notification

×

Iklan


Iklan




Ahmad Qosbi Harapkan Jemaah Haji Kloter 8 Dapat Menjaga Kemabruran Haji nya

Selasa, 02 Juli 2024 Last Updated 2024-07-02T13:53:23Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua PPIH Debarkasi Medan H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengingatkan jemaah haji yang sudah kembali ke tanah air senantiasa menjaga kemabruran haji, mengingat pengorbanan yang luar baisa dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dan jika ingin melaksanakan ibadah haji kembali, harus menunggu 10 tahun baru bisa mendaftar.


“Selamat datang kembali ke tanah air Para Tamu Allah setelah 40 hari melaksanakan rangkaian ibadah haji, berziarah serta berdoa di tempat yang makbul, semoga seluruh ibadah haji bapak dan ibu di tanah suci diterima Allah SWT dan meraih predikat haji mabrur,” ucap Ahmad Qosbi saat menyambut jemaah haji Kloter 8 di Aula 1 Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Selasa (02/07/2024).


KaKanwil Kemenag Sumut ini juga menyampaikan, bahwa tanda haji mabrur sudah terlihat dari wajah bapak dan ibu yang berseri-seri, santun, penuh kasih sayang dan tidak emosi ketika tiba di Asrama Haji Medan.




Ahmad Qosbi juga menyampaikan kepada jemaah haji agar terus menjadi panutan, membawa kedamaian dan kesejukan di keluarga, di tempat kerja, teruatama di masyarakat.


“Khusus bagi jemaah haji laki-laki, sebelum berangkat haji rajin ke masjid, setelah melaksanakan ibadah haji diharapkan lebih rajin lagi sebagai upaya menjaga kemabruran hajinya,” harapnya.


Ahmad Qosbi juga menambahkan, setelah kembalinya menunaikan rukun iman yang kelima, jemaah haji diharapkan tetap menjalin Ukhuwah Islamiyah dan membangun komunikasi dengan membentuk majelis taklim dan pengajian yang dilaksanakan minimal sebulan sekali.


Ia juga mengucapkan permohonan maaf jika ada sikap atau perkataan yang salah dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji dalam melayani jemaah baik saat pemberangkatan dan pemulangan tahun ini.


“Selamat jalan, selamat kembali ke kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga,” pungkasnya.


Diketahui, jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 08 Debarkasi Medan tiba di tanah air dengan selamat, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA32078 yang membawa 358 orang jemaah haji, berasal dari Tanjungbalai 170 orang, Medan 180 orang, Tapanuli Selatan 1 orang, dan petugas 7 orang, tiba di Bandara Kualanamu Deli Serdang, Selasa 2 Juli 2024 pukul 04.50 WIB.
(A-Red)