Notification

×

Iklan


Iklan


Wartawan Unit DPRD Medan Study Komperatif Kunjungi Sekwan DPRD Sibolga dan Tapteng

Senin, 31 Oktober 2022 Last Updated 2022-10-31T09:21:14Z
Ayomedan.com l Sibolga - 15 orang wartawan yang tergabung di Koordinator Wartawan Unit DPRD Kota Medan melakukan kunjungan study komperatif terkait pengayaan wawasan ke Sekretariat DPRD Kota Sibolga dan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kunjungan study komperatif yang dipimpin langsung oleh Ketua Wartawan Unit DPRD Medan, Muhammad Said Ilham Assegaf (INews TV) berlangsung selama dua hari, 31 Oktober 2022 - 1 Nopember 2022.

"Kegiatan study komperatif kami ini, dalam rangka menambah wawasan terkait publikasi wartawan di bawah naungan Sekretariat DPRD Kota Sibolga dan Tapteng," kata Said Ilham saat diterima didua Sekretariat DPRD Sibolga pukul 9.30 dan Tapteng pukul 11.00 pagi, Senin (31/10/2022).

Sebab, sambung Said, selama bertugas liputan di Sekretariat DPRD Kota Medan,  jumlah wartawan diakomodir melalui Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang - undangan Sekretariatan DPRD Kota Medan itu berjumlah 100 orang lebih.

"Jadi, kami ingin mengetahui bagaimana Sekretariat DPRD Sibolga dan Tapteng mengakomodir rekan wartawan yang bertugas disini," ujarnya.

Mendengar niat dan tujuan kunjungan Koordinator wartawan unit DPRD Medan itu, Budi Mulia Darma, selaku Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kota Sibolga, menyambut baik kehadiran para wartawan. Menurutnya, terdapat banyak perbedaan pengelolaan media dengan Sekretariat DPRD Kota Medan. 

"Pihaknya justru lebih banyak berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga yang membawahi 11 media. Setiap kegiatan di DPRD Sibolga, kami koordinasi dengan Kominfo (Sibolga) untuk pemberitaannya, baik pada kegiatan paripurna atau rapat dengar pendapat," terangnya.

Namun diluar itu, lanjut Budi, Sekretariat DPRD Sibolga memanfaatkan media sosial (medsos) seperti IG (Instagram). Dimana IG kami sangat aktif," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Budi Mulia Darma mengaku mendapat banyak masukan penting berkenaan pengelolaan wartawan selama ini, di Sekretariat DPRD Kota Medan.

"Kita sangat berterima kasih atas beberapa informasi, kegiatan yang melibatkan media atau wartawan disana. Mudah-mudahan kedepan kami bisa menerapkannya secara mandiri," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris DPRD Sibolga juga didampingi Sabrian Anungrah Tanjung selaku Kasubbag Umum dan Protokol, Junita Situmorang Pj Kabag Keuangan dan Kepegawaian, Ajeng Triana Saputri Kabag Persidangan dan Perundang-undangan.
Sementara itu, sambutan yang sama juga disampaikan, Kabag Umum Sekretariat DPRD Tapteng, Mario Pakpahan yang juga mengucapkan selamat datang kepada para wartawan unit DPRD Kota Medan, saat menerima kunjungan tersebut di aula Sekretariat DPRD Tapteng.

Sedangkan Kasubag Protokol, Alex Rifai Silalahi, menegaskan kondisi pengelolaan media atau wartawan di DPRD Tapteng tidak jauh berbeda dengan Sekretariat DPRD Kota Sibolga.

"Kami juga kerjasama dengan Kominfo, kalau ada acara situasional Kominfo tugaskan wartawan mereka kesini," tukasnya.

Alex juga menyebut, kalau di DPRD Kota Medan ada keterlibatan wartawan, kalau di Tapteng peliputan atau dokumentasi cukup dilakukan Humas DPRD Tapteng.
Mana tau Kominfo minta hasil peliputan dan dokumentasi kita kirim," pungkasnya. (A-Red)