Notification

×

Iklan


Iklan


Sosper Sesi ke 2, Edward Hutabarat: Jelang Bulan Puasa Tetap Jaga Kebersihan dan Sampah

Minggu, 19 Maret 2023 Last Updated 2023-03-19T11:25:00Z
Teks foto, Edward Hutabarat berikan star kit kepada perwakilan masyarakat 


Ayomedan.com - Medan, Menjelang bulan puasa, Edward Hutabarat berharap warga masyarkat di Jalan 
Jl. Jangka No. 52 Kel Sei Putih Barat, Medan Petisah harus terus menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh sehingga terhindar dari penyakit. 


"Ini salah satu upaya agar kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan keadaan tubuh sehat," kata Edward Hutabarat saat melaksanakan Sosialisasi Perda No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah sesi ke 2, Minggu (19/3/2023).


Politisi Fraksi PDI-P ini menyebut , sejak kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution gencar melakukan perbaikan drainase yang ada di Kota Medan tujuannya agar tidak terjadi masalah banjir lagi saat hujan deras. Namun, saat Walikota melakukan perbaikan, tentunya masyarakat pun harus menjaga kebersihan. 


"Jangan ada yang buang sampah ke drainase ataupun sungai. Kebersihan disekitaran kita itu tanggungjawab bersama," jelasnya.


Edward pun berharap warga masyarakat mendukung kinerja wali kota Medan tersebut sehingga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan termasuk kedalam drainase atau saluran parit.


Perlu diketahui, sambungnya, baru-baru ini Walikota Medan bersama 21 camat yang ada di Kota Medan berkunjung ke salah satu desa di daerah bali yang dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di tingkat internasional. 


"Pada Februari 2023 lalu, Walikota  Medan Bobby Nasution mengajak 21 Camat yang ada di Kota Medan untuk study banding ke Desa Kutuh, Kabupaten Badung (Bali). Desa tersebut dinobatkan sebagai desa terbersih. Masyarakat yang disana sadar akan kebersihan. Jika Kota Medan bisa seperti itu, tentu saja Kota kita akan nyaman karena bersih," ujarnya.


Menurut Edward Hutabarat, masyarakat juga harus menyadari bahwa sampah juga bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan ekonomi dan dapat  menutupi berbagai kebutuhan. Sebaliknya, jika tidak dikelola dengan baik, maka sampah akan memiliki dampak negatif yang berakibat buruk, terutama bagi kesehatan.


“Kenapa selama ini sampah selalu menjadi persoalan yang tidak pernah terselesaikan di tengah-tengah masyarakat kita?. Itu karena selama ini kita tidak pernah memanfaatkan sampah dengan baik. Padahal sampah memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” ungkap anggota dewan dari Komisi III DPRD Kota Medan ini. 


Ia menambahkan, contoh manfaat positif sampah yaitu bisa dijadikan pupuk dan sampah plastik bisa dijadikan bahan daur ulang. “Di negara-negara maju, sampah sudah bisa menjadi bahan bakar mesin pembangkit listrik. Sedangkan sampah plastik bisa didaur ulang menjadi alat-alat rumah tangga,” bilangnya. 


Sebaliknya, jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan beragam masalah. Mulai dari banjir, sarang penyakit dan berbagai persoalan lainnya. 


“Bahkan hingga kini Pemko Medan masih terus dihadapkan dengan sejumlah persoalan akibat sampah. Yang paling sering adalah, masalah tempat pembuangan sampah. Hampir di tiap kelurahan, tempat pembuangan sampah ini menjadi masalah,” jelasnya.


Untuk itu, Edward mengimbau warga untuk mulai memanfaatkan potensi sampah. Caranya dengan memilah antara sampah organik dengan sampah anorganik, terutama sampah plastik.


“Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk. Apalagi saat ini masyarakat ada yang hobi memelihara berbagai jenis tanaman seperti bunga. Daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli pupuk, kan lebih baik memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk alami,” cetusnya. 


Edward juga menyebutkan, dalam Perda tersebut sudah tertera dan diatur ketentuan pidana untuk perorangan yang kedapatan buang sampah sembarangan dapat dikenakan denda Rp.10 juta dan kurungan 3 bulan penjara. Sementara untuk badan usaha, didenda Rp. 50 juta dan tahanan 6 bulan.


”Perda ini sudah ada sejak tahun 2015. Jadi, kepada masyarakat dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan di selokan (parit) atau pun di sungai agar tidak terjadi banjir saat hujan turun, yang diakibatkan tersumbatnya drainase karena banyaknya tumpukan sampah. Jika ada orang ataupun pelaku usaha yang kedapatan sering membuang sampah sembarangan, tidak pada tempatnya, kalau bisa di foto saja, setelah itu dilaporkan ke Kelurahan setempat agar mendapatkan sanksi sesuai dengan Perda Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015,” tutupnya. 


Dipenghujung kegiatan sosper, Edward Hutabarat membagikan star kit berupa sarung, sprei, nasi kotak dan snack untuk tamu undangan yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi sejak awal hingga akhir.(A-Red)