Notification

×

Iklan


Iklan


Saat Safari Jum'at, Wali Kota Medan Ajak Warga Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan

Jumat, 29 September 2023 Last Updated 2023-09-29T15:14:26Z


Ayomedan.com - Medan, Untuk mewujudkan Kota Medan yang penuh berkah, maju dan kondusif, tentunya diperlukan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat. Peran masyarakat sangat penting didalam mendukung pembangunan kota Medan, terlebih dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan.


Ajakan ini disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, M. Sofyan saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan dalam acara safari Jum'at di Masjid Azizi, jalan Flamboyan Raya, Kel. Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Jum'at (29/09/2023).


"Banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan bersama, salah satu yang paling mendesak adalah mengenai masalah penanganan sampah di Kota Medan," kata Sofyan yang hadir didampingi pimpinan Perangkat Daerah, Camat Medan Tuntungan beserta Lurah.


Lebih lanjut Sofyan mengungkapkan, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih cukup rendah. Kebiasaan membuang sampah sembarangan ini, apabila terus dibiarkan maka akan menjadi kebiasaan buruk. Padahal agama islam sudah mengatur bagaimana seorang muslim harus senantiasa menjaga kebersihan.


"Rasulullah SAW sendiri sudah memberikan contoh bagaimana prilaku hidup bersih dan sehat, sehingga sudah sepantasnya kita meniru apa yang beliau lakukan," ucap Sofyan.


Apalagi, sambung Sofyan, beberapa hari terakhir ini warga kota Medan juga dihadapkan dengan situasi banjir akibat tingginya curah hujan yang turun. Apabila curah hujan tinggi dan tumpukan sampah bersatu, maka bukan tidak mungkin bahaya banjir terjadi.


"Karena itu kita harus bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara bergotong royong bersama membersihkan lingkungan," harapnya.


Seperti biasa, dalam safari jum'at yang rutin diadakan, Pemko Medan  juga memberikan sejumlah bantuan untuk pembangunan Masjid, diantaranya bantuan berupa hibah sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan dan renovasi Masjid, lalu bantuan sosial sebesar Rp 10 juta. 


Selanjutnya, ada lagi penyerahan akte pendirian koperasi Masjid dan bantuan gerobak usaha, serta bantuan satu set perlengkapan tenis meja dan satu set rak buku beserta buku.


Tidak hanya memberikan sejumlah bantuan, dalam kesempatan itu Pemko Medan juga membuka berbagai pelayanan bagi masyarakat seperti pelayanan kssehatan, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan pengurusan perizinan usaha dan dibuka juga loket pembayaran PBB.
(A-Red)