Notification

×

Iklan


Iklan


Viral... Gaji Guru Honor Tak Dibayar, Rajudin Sagala: Disdik Medan Harus Respon Cepat Hal Ini

Selasa, 19 September 2023 Last Updated 2023-09-19T14:02:18Z



Ayomedan.com - Medan, Viral di sosial media (sosmed) beberapa orang guru honor salah satu SMP Negeri di Kota Medan, yang gajinya tak dibayarkan oleh Kepala Sekolah, mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan.


Termasuk dari Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H Rajudin Sagala S.Pd.I (foto) mengungkapkan, bahwa setiap Kepala Sekolah harus memastikan para guru honor yang mengajar disekolah tersebut, mendapatkan hak gajinya dengan baik dan lancar .


"Baik itu guru berstatus ASN maupun honor. Sebab, para guru honor itu disahkan oleh APBD berdasarkan cluster. Walaupun gajinya kecil, tapi itu sangat mereka harapkan. Miris rasanya, sudah gajinya kecil terlambat pula, bahkan tak dibayar. Gaji guru honor dibayar atau tidak, hanya Kepala Sekolah yang tahu," katanya kepada wartawan di ruangan kerjanya,  Selasa (19/09/2023).


Menurut saya, lanjut Rajudin, pihak Dinas Pendidikan Kota Medan harus cepat merespon permasalahan ini. "Janganlah dibiarkan berlarut larut, ambil sikap tegas. Segera panggil Kepala Sekolahnya, karena ini ranah mereka (Disdik-red)," ujarnya.


Jadi, sambung Politisi Partai PKS ini, Kepala Sekolah yang bersangkutan harus bertanggung jawab penuh membayarkan gaji para guru honor tersebut.


"Kepsek jangan berkilah, atau mengelak. Apabila hasil pemeriksaan nanti Kepsek dengan sengaja tidak membayar gaji guru honor itu, ada sanksi hukum yang akan menjerat," tegasnya.


Yang dikuatirkan, sambung Rajudin, apabila gaji guru honor tidak dibayar tepat waktu, akan berpengaruh dan menganggu proses mengajar yang dilakukannya. "Sudah waktunya pemerintah lebih memperhatikan taraf hidup guru-guru honor. Apa bila kebutuhan hidupnya terjamin, niscaya materi pelajaran yang mereka sampaikan pun berkualitas," pungkasnya. (A-Red)