Notification

×

Iklan


Iklan




Meresahkan Masyarakat, Baskami Ginting Minta Polisi Usut Peredaran Narkoba Pada Anak Dibawah Umur

Senin, 23 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-23T14:06:19Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting (foto)  mengungkapkan keprihatinannya, terkait maraknya peredaran narkoba pada anak di bawah umur.


Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, kali ini modusnya melibatkan anak-anak di bawah umur menjadi kurir yang mengantar barang haram itu.


"Saya menerima aduan masyarakat, bahwa saat ini untuk menghindari kecurigaan aparat, anak-anak dilibatkan untuk mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu. Ini tidak boleh terjadi, aparat harus bertindak," katanya kepada wartawan, Minggu (22/10/2023).


Baskami menambahkan, peredaran narkoba yang menyasar anak-anak dapat merusak generasi penerus bangsa di masa depan.


"Anak-anak ini saya kira sudah dicekoki narkoba, kemudian mereka disuruh mengedarkan. Untuk itu, kita harus awasi anak-anak saat diluar rumah," harapnya.


Menurut Baskami, sebagian besar masyarakat tidak memiliki nyali untuk melaporkan peredaran narkoba ini di lingkungannya. Sebabnya, para warga tidak ingin menanggung risiko akibat dari aduan tersebut.


"Saya berdiskusi dengan masyarakat, di beberapa daerah dan benar-benar meresahkan. Apalagi ada paket (sabu) yang katanya di jual seharga 15 ribu," tuturnya.


Baskami mendorong pihak kepolisian untuk menyusuri tempat-tempat yang acapkali dijadikan lokasi transaksi narkoba.


"Di Medan, semua orang tahu di mana saja banyak peredaran narkoba dan pasti aparat kita juga sudah tahu. Saya meminta agar segera diusut tuntas," tandasnya.


Baskami juga meminta aparat Kepolisian, Pemprov dan Pemda melalui Dinas Pemperdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta stakeholder lainnya untuk gencar melakukan sosialisasi bahaya narkoba kepada generasi muda.


"Supaya anak-anak sia pelajar khususnya, mengetahui dampak penggunaan narkoba yang dapat merusak kesehatan fisik dan mental serta ancaman pidana yang menjerat pelakunya," pungkasnya. (A-Red)