Notification

×

Iklan


Iklan


Perkuat Data Sektoral, OPD Pemko Medan Bersinergi Dengan BPS Medan

Selasa, 10 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-10T12:09:36Z



Ayomedan.com - Medan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wiriya Alrahman meminta perangkat daerah bersiap menerima kedatangan petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan guna bersinergi dalam penguatan data sektoral di lingkungan Pemko. 

Hal ini disampaikan Sekda Wiriya Alrahman melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Komunikasi dan Informatika Medan, Arrahmaan Pane saat membuka Sosialisasi Indikator Makro Kota Medan Terkini dan Kick off Program Kemudahan Layanan dan Informasi Kegiatan Statistik (Klinik), Selasa (10/10/2023) di Hotel Aryaduta.

Arrahman Pane menyampaikan, kedatangan petugas BPS Medan ke perangkat daerah untuk memberikan asistensi dan pendampingan dalam penguatan data sektoral ini program baru BPS Medan. 

“Kegiatan Klinik dilaksanakan dalam rentang Oktober ini. Jadi diharapkan, perangkat daerah bersiap menerima kedatangan BPS dan bersinergi dalam penguatan data,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala BPS Enny Nuryani,  Kabid Statistik dan Informasi Publik Dinas Kominfo Rizka Firdahlia, serta segenap perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan itu, menyampaikan pesan Sekda tentang perlu penguatan data sektoral di lingkungan Pemko Medan guna mewujudkan digitalisasi data Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Medan yang valid dan lengkap.  

“Data yang dihasilkan oleh perangkat daerah, terlebih yang digunakan dalam LPPD, haruslah valid dan lengkap,” harapnya.

Arrahman juga menyampaikan harapan Sekda, agar kolaborasi antara Bappeda, Dinas Kominfo, dan BPS dalam Forum Satu Data Indonesia Kota Medan semakin kuat dan menjamin kualitas data menuju proses pembangunan kota yang semakin terstruktur, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Sebelumnya, Kepala BPS Enny Nuryani menyebutkan, kegiatan ini kolaboasi antara Bappeda sebagai Perencana Data, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Wali Data, dan BPS sebagai Pembina Data, serta perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan sebagai produsen data.

Enny mengatakan, mewujudkan Satu Data Kota Medan dimulai dari data yang digunakan dalam LPPD Kota Medan yang dikumpulkan Bappeda setiap tahun.

"Nantinya, Dinas Kominfo memfasilitasi dengan menyediakan portal Satu Data Kota Medan. Produsen data dapat menginput data melalui portal tersebut," ungkapnya seraya menambahkan, melalui Program Klinik BPS akan mendampingi perangkat daerah.

Kegiatan yang diisi dengan diskusi panel dengan narasumber Kadis Kominfo Medan Arrahmaan Pane dan Statistisi Ahli Madya BPS Kota Medan, Aan Willyana.

Dari diskusi itu terungkap, dalam Program Klinik ini, BPS Kota Medan mendampingi perangkat daerah melengkapi metadata dari setiap data yang akan diinput melalui platform Medan Satu Data. Sedangkan goals program ini antara lain portal Medan Satu Data ter-update, LPPD 2024 terdigitalisasi, dan terwujudnya penguatan data sektoral. (A-Red)