Notification

×

Iklan


Iklan


Wong Sosialisasi Perda Kesehatan, Ratusan Masyarakat Kecewa Tiga OPD Pemko Medan Tak Hadir

Minggu, 05 November 2023 Last Updated 2023-11-05T11:44:13Z


AyoMedan.com - Medan, Ratusan masyarakat merasa kecewa lantaran tiga (3) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan tidak menghadiri undangan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2012 tentang sistem Kesehatan Kota Medan yang dilaksanakan anggota DPRD Kota Medan, Wong Chun Sen M.Pd.B, di Jalan Kapten M Jamil Lubis, Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung, Minggu (05/11/2023). 



"Kami sangat kecewa, perwakilan dari dinas tersebut tidak datang. Karena penjelasan Perda Kesehatan itu, berkaitan langsung dengan tiga OPD tersebut," kata Marni, warga Jalan Kapten M Jamil Lubis yang diamini ratusan warga lainnya.


Menurut Wong, ketidak hadiran ketiga instansi itu, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan pihak BPJS Kesehatan, tanpa adanya pemberitahuan. Yang hadir hanya perwakilan pihak Kecamatan Medan Tembung. 


"Kita memahami kekecewaan masyarakat. Sebab, masyarakat ingin mendengar langsung penjelasan dari ketiga instansi itu terkait dengan pelayanan kesehatan di Kota Medan. Seperti BPJS, kesehatan gratis dan prosedur mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," ucap Wong Chun Sen. 


Alhasil, sambung Politisi Partai PDI-P ini, ia sendiri yang menjelaskan produk hukum daerah Kota Medan tersebut dengan gamblang. Guna mengakomodir keingintahuan masyarakat tentang sistem kesehatan yang ada dalam perda tersebut. 


"Sebenarnya sistem kesehatan masyarakat ini melibatkan seluruh unsur, tapi yang utama itu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BPJK Kesehatan harus hadir. Sasaran Perda ini menuju Medan Sehat, sebagaimana yang digaungkan Wali Kota Medan Bobby Nasution," tandas Wong. 


Warga lainnya, yang hadir juga mengaku heran, lantaran tiga instansi yang tidak hadir terkesan tidak peduli dengan produk hukum daerah tersebut. 


"Ini kan produk hukum daerah Kota Medan, apalagi yang disosialisasikan sistem kesehatan. Itu merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Ini perlu menjadi koreksi Wali Kota atas ketidakhadiran instansi tersebut. Bila perlu, kita lapor ke bapak Wali Kota secara tertulis," ujar warga serentak. (A-Red)