Notification

×

Iklan


Iklan


Pemko Medan Peringati HBN, Aulia Rachman: Ini Momentum Bersatu & Berkontribusi Demi Indonesia Maju

Selasa, 19 Desember 2023 Last Updated 2023-12-19T13:01:10Z



AyoMedan.com - Medan, Pemko Medan memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-75 tahun 2023 dengan menggelar upacara di halaman depan kantor Balai Kota, Selasa (19/12/2023). Upacara yang berlangsung dengan tertib dan penuh khidmat ini dipimpin Wakil Wali Kota Medan, H Aulia Rachman.

Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, juga dihadiri Kakankemenag Kota Medan Impun Siregar, asisten, staf ahli, pimpinan perangkat daerah, direktur perusahaan umum daerah dan rumah sakit umum daerah, kepala bagian, camat, lurah eselon III/IV serta ketua tim kerja di lingkungan Pemko Medan.

Dalam arahannya membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Aulia Rachman menyampaikan, HBN merupakan momentum bagi semua untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang dicita-citakan. Diingatkan Presiden,  tantangan ke depan semakin tidak terduga.

“Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi hingga krisis iklim telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara,” katanya.

Presiden meminta, sambung Aulia, semua harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama, menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya.

Aulia juga menambahkan bahwa Presiden mengungkapkan, bela negara di Indonesia  bukan hanya terkait aspek militer, tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Setiap tindakan sekecil apapun  yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” jelasnya.

Di penghujung arahannya, Presiden mengajak masyarakat Indonesia di  HBN ke-75 Tahun 2023 ini, untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air.

“Semangat HBN ke-75, kobarkan bela negara untuk Indonesia maju,” pungkas Aulia Rachman menirukan harapan Presiden.

Sebelumnya, prosesi upacara HBN yang berlangsung dengan penuh khidmat ini diawali mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila serta Ikrar Bela Negara. Upacara diakhiri dengan pembacaan do'a yang dibawakan oleh Kakankemenag Kota Medan. (A-Red)