Notification

×

Iklan


Iklan


Baskami Ginting Dorong Bank Sumut Tingkatkan Peran Dalam Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Kamis, 04 Januari 2024 Last Updated 2024-01-04T01:59:28Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua DPRD Provinsi Sumut, Baskami Ginting mendorong Bank Sumut untuk memainkan peran lebih besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Ia berharap lembaga keuangan formal tersebut dapat lebih fokus dan aktif dalam memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).


Baskami menilai, bahwa keterlibatan Bank Sumut, terutama dalam pembinaan dan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR), harus lebih intensif dan berpihak pada UMKM. "Saya berharap Bank Sumut dapat memaksimalkan perannya dengan menyalurkan modal usaha yang lebih besar dan lebih berorientasi pada UMKM," ujarnya, Rabu (03/01/2024).


Ketua DPRD Sumut ini menegaskan, dalam menghadapi tantangan ekonomi dan mengoptimalkan pertumbuhan, Bank Sumut perlu memastikan bahwa pemberian kreditnya benar-benar mendukung perkembangan UMKM. "Porsi kredit yang diberikan kepada UMKM harus ditingkatkan, sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan," ujarnya.


Menurut Baskami, dorongan ini juga mencakup aspek pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM. Baskami menekankan, tidak hanya pembiayaan, tetapi Bank Sumut juga bisa memberikan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.


"Bank Sumut dapat menjadi mitra strategis UMKM dengan memberikan bantuan yang lebih holistik, termasuk pelatihan manajerial, penguatan literasi keuangan, dan akses lebih baik terhadap pasar," pungkasnya. (A-Red)