Notification

×

Iklan


Iklan


Ratusan Masyarakat Antusias Naik Bus Listrik, Walkot Bobby: Pengadaannya Tidak Memakai APBD Kota Medan

Kamis, 04 Januari 2024 Last Updated 2024-01-04T06:31:15Z



AyoMedan.com - Medan, Dihadapan ratusan masyarakat yang antusias ingin menaiki bus listrik, Wali Kota Medan, Bobby Nasution menegaskan bahwa pengadaan bus yang baru akan diresmikan pengoperasiannya itu tidak menggunakan dana APBD Kota Medan.


“Jadi, ini hasil kolaborasi dan non APBD. Saat ini, kita masih mempunyai 4 bus listrik dan akan bertambah secara berkala,” katanya saat melaunching bus listrik di Komplek J-City Jalan Karya Wisata Medan Johor, Kamis (04/01/2024) pagi.




Bobby mengungkapkan, ada beberapa keunggulan bus listrik dari bus lainnya yang lebih dahulu beroperasi. Yang pertama, bus listrik rendah emisi, karena semua full listrik dan tidak menggunakan bensin sama sekali.


“Yang kedua, bus ini tidak berbayar alias gratis. Dan yang terakhir ini non APBD, hasil kolaborasi dengan PT Kalista dan J-City,” terangnya.


Untuk koridor, sambung Bobby, rencananya akan dibangun 17 koridor di Kota Medan.


“Saat ini masih 1 koridor yang ada, bus stop juga masih existing. Kedepannya, akan terus kita tambah, begitu juga dengan armada bus listriknya,” imbuhnya.




Menanggapi keluhan masyarakat yang menyebut, supir Trans Metro Deli kerap ugalan-ugalan dan dikhawatirkan juga terjadi terhadap bus listrik, Bobby memastikan bahwa hal itu sudah diantisipasi dan memerintahkan Dishub Medan untuk memberi pengarahan dan pelatihan.


“Saya juga memerintahkan Dishub Medan untuk menertibkan jalanan. Sebab masih kita lihat banyak kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan, sehingga menjadi penyebab kemacetan. Mengingat body bus listrik ini cukup besar, maka saya harap tidak ada lagi kendaraan yang parkir di bahu jalan,” tuturnya.


Dengan pembangunan yang berlangsung saat ini, Bobby pun meminta kepada warga Kota Medan, khususnya Medan Johor untuk bersabar.


“Yang dilakukan Pemerintah saat ini untuk memastikan keamanan pengendara. Saya ucapkan juga terima kasih atas pengertiannya selama ini. Begitu juga dengan PT Kalista dan J-City yang sudah membantu Pemko Medan dan masyarakat,” tutupnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Angkutan Jalan Umum Kementerian Perhubungan, Direktur Promosi, Kadishub Provinsi, Waka Polrestabes Medan, Dandim 0201 Medan, Kajari Medan dan Belawan, Forkopimda Kota Medan serta Presiden Direktur PT Kalista. (A-Red)