Notification

×

Iklan


Iklan


Dua Baliho Dukungan Buat Antonius Tumanggor Dirusak OTK, Ratusan Relawan Desak APH Tangkap Pelakunya

Jumat, 05 Januari 2024 Last Updated 2024-01-05T07:25:58Z



AyoMedan.com - Medan, Sekitar pukul 01.52 WIB, diketahui dari rekaman CCTV rumah warga di Jalan Danau Singkarak, dua baliho bertuliskan "Dukungan Masyarakat Pemuda dan Pemudi Kelurahan Sei Agul", di copot dan dirusak oleh dua oknum pria berkendaraan roda dua, diduga orang suruhan salah satu caleg dari partai Demokrat berinisial IS, yang juga maju menjadi calon anggota DPRD Kota Medan dari Dapil 1.


Kejadian diketahui warga bernama Benny Sihombing, Albert Saragih dan Thomsar sekitar pukul 12.40 Wib pagi. Mereka terkejut ketika mengetahui baliho milik Antonius Devolis Tumanggor salah satu caleg dari partai NasDem Kota Medan yang berisi dukungan pemuda dan pemudi kelurahan Sei Agul, sudah tidak ada. Lantas, sekitar pukul 1.15 WIB, ketiganya mengecek melalui kamera pengintai (CCTV) milik warga setempat. Jum'at (05/01/2023) dini hari.


Dari rekaman CCTV, terlihat dua orang pria mengendarai sepeda motor tampak merusak baliho tersebut.


"Kedua pria tadi membawa baliho Antonius Tumanggor ke rumah IS, yang juga diketahui sebagai bendahara partai Demokrat Kota Medan. Ini tidak bisa dibiarkan bang, kami warga kelurahan Sei Agul merasa tidak senang karena baliho itu adalah baliho ketua kami yang juga adalah anggota DPRD Kota Medan dari Partai NasDem. Kami selaku pemuda pemudi, meminta agar Bawaslu dan APH menindak lanjuti kejadian ini," tandas Benny Sihombing.


Ditambahkan Benny, sesuai keterangan salah seorang sekurity di Perumahan di jalan Danau Singkarak yang mengaku sudah sering melihat kedua pria yang terekam di CCTV tersebut melakukan pengerusakan dan pencabutan spanduk atau baliho milik caleg inkumbent DPRD Medan itu.


Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor yang juga caleg dari partai NasDem daerah pemilihan satu (1) mengatakan sangat menyayangkan tindakan seorang pengurus partai Demokrat kota Medan yang mana seharusnya mengarahkan masyarkat untuk beritikad baik.


"Bukan malah mengajari orang untuk melakukan tindakan pencurian dan pengerusakan terhadap barang milik orang lain. Atas peristiwa ini, sesuai arahan dari ketua DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar ST, untuk membuat aduan pengerusakan dan pencurian," tegas Antonius.


Antonius sangat menyayangkan, seharusnya selaku pengurus partai untuk mengajarkan pendukungnya  selalu menjaga nama baik calon dan nama baik partai, sehingga mendukung pemilu damai.


"Namun ini malah terbalik, mengajarkan tim pendukung untuk merusak baliho dan spanduk milik salah satu calon anggota DPRD Kota Medan, yang dapat mengganggu elektabilitas IS sebagai Caleg DPRD Kota Medan periode 2024 - 2029," tuturnya.


Ketua Panwascam Medan Barat, Ali Sakti Nasution saat di konfirmasi wartawan melalui pesan WA pribadinya mengatakan, sudah mendengar terkait adanya pengrusakan dan pencurian baliho milik calon legislatif bernama Antonius D Tumanggor.


Ali mengaku, sedang melakukan koordinasi dengan Bawaslu Kota Medan, dengan mengumpul bukti dan informasi terkait laporan dari warga tersebut.


"Nanti kita akan pelajari dulu dan mencari bukti bukti lainnya, apakah memang benar terjadi tindak pidana. Jika benar, maka kita akan arahkan korban melapor ke aparat penegak hukum (APH)," ujarnya.


*Pendukung Antonius Tumanggor akan turun minta APH menindak pelaku*


Tak senang baliho milik calon mereka di rusak dan dicuri, ratusan pemuda dan pemudi pendukung anggota DPRD kota Medan, Antonius D Tumanggor yang  juga  caleg dari Partai NasDem dapil 1, meminta kepada APH segera menindak pelaku aksi pencurian dan pengerusakan baliho.


Sementara itu, laporan terkini dari pihak Panwascam Medan Barat, sudah mengarahkan agar partai NasDem dan caleg yang keberatan beserta saksi melaporkan permasalahan tersebut ke Bawaslu kota Medan. (A-Red)