Notification

×

Iklan


Iklan


Komisioner KPID Sumut Sosialisasikan Literasi Siaran Sehat di Aisyiyah Ranting Padang Bulan

Sabtu, 13 Januari 2024 Last Updated 2024-01-13T13:19:01Z



AyoMedan.com - Medan, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID)  Sumatera Utara, mensosialisasikan literasi siaran sehat. Sosialisasi itu dilakukan oleh Komisioner KPID Sumut, Ayu Kesuma Ningtyas kepada ibu-ibu Aisyiyah Ranting Padang Bulan di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Padang Bulan, Medan, Sabtu (13/01/2024).


Dikesempatan ini, Ayu menjelaskan bahwa posisi KPI sebagai lembaga yang salah satu tugasnya melakukan pengawasan siaran. Oleh karena itu ia melakukan sosialisasi literasi penyiaran sehat.


"Ayo, ibu-ibu ajak anak-anak, cucu dan keluarga lainnya untuk menonton siaran sehat," kata Ayu.


Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sumut itu menjelaskan, siaran sehat merupakan hak masyarakat. "Dengan adanya pemberitaan dan informasi yang berimbang akan menciptakan harmonisasi dalam masyarakat," terangnya.


Ayu juga menambahkan, kewenangan lembaga yang ia duduki itu sebagaimana diatur dalam UU Nomor 32 tentang Penyiaran, pihaknya telah berupaya untuk menciptakan sajian siaran yang menyehatkan dan upaya penciptaan penyiaran yang sehat itu memerlukan peran serta masyarakat.


"Salah satu contoh, saat artis Ivan Gunawan di acara Brownies yang ditegur oleh KPI, dan ini merupakan bagian dari pengawasan KPI terhadap isi siaran yang ditayangkan televisi," jelasnya.


Komisioner KPID Sumut itu juga menyebut, saat ini marak berita bohong atau hoaks di tengah gempuran kemudahan akses teknologi informasi di setiap lini masyarakat, termasuk kalangan emak-emak. Oleh karena itu, ia juga mengingatkan emak-emak jangan sampai terpancing ikut menyebarkan hoaks.


"Jangan mudah terpancing oleh berita hoaks dan marilah kita bijak bermedia sosial. Jadikan media sosial ini atau ingatkan keluarga kita untuk memanfaatkan akses itu dengan baik dan benar sehingga apa yang kita lakukan di medsos itu menjadi nilai-nilai keberkahan," harapnya.


Di akhir acara sosialisasi itu, Ayu juga memberikan paket sembako kepada para lansia. "Para lansia harus tetap semangat dan terus melakukan aktivitas yang sehat, termasuk menonton siaran yang berkualitas," pungkasnya.(A-Red)