Notification

×

Iklan


Iklan


Sambut Ramadhan, PHBI Dusun I Desa Paya Geli Gelar Tabliq Akbar Isra' Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H/2024 M

Rabu, 28 Februari 2024 Last Updated 2024-02-28T16:27:46Z



AyoMedan.com - Sunggal, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Dusun I Desa Paya Geli, Kecamatan Sunggal menggelar 'Tabliq Akbar' peringatan Isra' Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2024 M, dilapangan milik PT Damai Abadi Jalan Sei Mencirim, Rabu (28/02/2024) malam, pukul 20.00 WIB hingga selesai.


Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Paya Geli, Hardi Ismanto, perwakilan KUA Sunggal, tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan warga masyarakat sekitar.


Diawali dengan pembacaan lantunan Ayat Suci Al-Qur’an oleh H Ahmad Azrai Hasibuan S.Pd.I (Qori internasional), kegiatan kemudian dilanjutkan dengan laporan singkat Ketua Panitia, Yusuf YN.




Dalam paparannya, Yusuf (foto) menyampaikan bahwa kegiatan Tabligh Akbar dan peringatan Isra' Mi'raj ini terlaksana hasil kolaborasi pengurus PHBI Dusun I Desa Paya Geli, yang terdiri dari organisasi pekerja (SPSI), organisasi pemuda (PP), kelompok perwiridan kaum ibu, badan kenaziran Mesjid Ar-Rohani dan badan kenaziran Mesjid Al-Khaul.


"Termasuk sumbangsih dari masyarakat dusun I dan II Desa Paya Geli, serta para donatur yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu, sehingga kegiatan Tabligh Akbar ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Kami berharap, kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun," katanya.




Senada dengan ucapan ketua Panitia, tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama Dusun I Desa Paya Geli, Al-Ustadz H Marasonang Siregar (foto) kembali berharap kegiatan keagamaan yang digelar malam ini, menjadi agenda rutin tahunan PHBI.


"Rangakaian kegiatan Tabligh Akbar ino, telah dilakukan dari acara makan siang bersama dengan masyarakat dusun I di lapangan ini. Dan Insya Allah, pada tahun depan akan kita laksanakan Tabligh Akbar lebih meriah dan semarak lagi," harapnya.




Usai ketua panitia menyampaikan paparannya, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Al-Ustadz Ucai atau Ustadz Indosiar (foto)


Dalam ceramahnya, Ustadz Ucai menceritakan proses perjalanan Nabi Muhammad SAW yang memiliki makna tentang salah satu peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.


"Peristiwa Isra' Mi'raj ini menjadi salah satu bukti kebesaran Allah SWT. Tak hanya bagi Rasulullah SAW, peristiwa Isra Mi’raj ini juga penting bagi seluruh umat Islam. Sebab, dalam peristiwa tersebut, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah sholat dari Allah SWT," katanya.




Isra' Mi’raj adalah, sambung Ustadz Ucai, merupakan peristiwa perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram menuju Masjid Al Aqsa. "Kemudian Rasulullah dibawa ke langit ketujuh untuk diperlihatkan keagungan serta kebesaran Allah SWT," terangnya.


Penceramah kondang dan kocak asal Batu Bara ini kembali mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat yang hadir, untuk mencontoh ketauladanan Nabi Muhammad SAW, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita selaku hamba kepada Allah SWT.


"Selain kitab suci Al-Qur'an, Nabi Muhammad juga sosok yang menjadi panduan hidup bagi kita selaku umatnya, agar selamat dunia akhirat. Jalin silaturahmi kepada saudara seiman dan jiran tetangga, khususnya menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1445.H," jelasnya.




Sementara itu, Kepala Desa Paya Geli Hardi Ismanto (foto), juga menyampaikan bahwa kegiatan Isra' Mi’raj Nabi Muhamad SAW adalah kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan nilai keimanan.


"Saya berharap, hikmah dari kegiatan Tabligh Akbar dan Isra' Mi'raj ini dapat membuat masyarakat Desa Paya Geli lebih religius. Pemerintah Desa dan masyarakat juga bersyukur atas suksesnya menjalankan proses Pemilu 2024, yang aman dan kondusif pada 14 Februari yang lalu," tuturnya.




Dipenghujung kegiatan, panitia Tablig Akbar juga memberikan 25 paket sembako, berupa 5 kg beras, 1 kg minyak makan, 1 kg gula pasir dan uang tunai kepada anak yatim piatu yang berdomisili di Dusun I Desa Paya Geli.(A-Red