Notification

×

Iklan


Iklan


DPRD Medan Gelar Rapat Paripurna LKPJ 2023 Oleh Kepala Daerah

Kamis, 07 Maret 2024 Last Updated 2024-03-07T04:46:12Z



AyoMedan.Com - Medan, DPRD Kota Medan kembali menggelar Rapat Paripurna agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023 oleh Kepala Daerah, Selasa (05/03/2024).


Rapat yang dibuka oleh Hasyim, S.E., selaku Ketua DPRD Kota Medan dan didampingi Wakil Ketua, H. Rajudin Sagala, S.Pd.I., dan H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H., ini dihadiri Anggota DPRD Kota Medan, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E., para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan, serta Camat se-Kota Medan.


Dalam LKPJ Tahun Anggaran 2023 yang dibacakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Medan, Pimpinan Partai Politik, para Stakeholder Pembangunan Daerah, dan seluruh Pegawai Pemerintah Daerah yang telah bekerja sama menjalankan agenda strategis sehingga pencapaian Indikator Makro Pembangunan Daerah Kota Medan mengalami perubahan peningkatan yang signifikan dibandingkan pada Tahun 2022 yang lalu.


Hal ini digambarkan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang naik 0,85 poin dari Tahun 2022,  Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) juga mengalami perkembangan baik sebesar 5,04 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya sebesar 4,71 persen.


Selain itu, Tingkat Kemiskinan Tahun 2023 sebesar 8 persen, berhasil turun sebesar 0,07 persen dibandingkan tahun 2022. Pemerintah Kota Medan terus berupaya melakukan penanganan kemiskinan di Kota Medan melalui program-program di bidang kesehatan, pendidikan dan sosial. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Indeks Gini (Gini Rasio) pada tahun 2023 juga mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.


“Pemerintah Kota Medan telah berupaya menyelenggarakan desentralisasi urusan pemerintahan daerah dengan sebaik mungkin, dan pencapaian keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan diwujudkan dengan mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pemerintah, antara lain penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023 Kategori Terbaik Pertama di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Kota Medan juga masuk Indeks Kota Pintar Dunia (Smart City Index) 2023 yang dirilis oleh IMD World Competitiveness Center, Penghargaan Capaian Dalam Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja Kategori Pemerintah Kota Tipe Besar dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia, serta Penghargaan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Metropolitan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, dan penghargaan-penghargaan lainnya”, ucap Bobby Nasution.


Rapat ditutup dengan penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023 oleh Wali Kota Medan kepada Ketua DPRD Kota Medan, sekaligus pemilihan dan pengumuman komposisi personalia Panitia Khusus Pembahasan LKPJ Tahun Anggaran 2023.(A-Red)