Notification

×

Iklan


Iklan


Musim Haji 2024, Komisi I Minta Perangkat Kewilayahan Ikuti Instruksi Wali Kota Medan

Jumat, 10 Mei 2024 Last Updated 2024-05-10T07:56:40Z



AyoMedan.Com - Medan, Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus, meminta setiap perangkat Pemko Medan di kewilayahan, mulai dari kecamatan, kelurahan, hingga tingkat lingkungan untuk mengikuti instruksi Wali Kota Medan, Bobby Nasution terkait memperhatikan kondisi setiap rumah yang ditinggal penghuninya karena berangkat ke tanah suci sebagai jemaah haji.


Tak hanya itu, perangkat di kewilayahan juga diminta untuk memperhatikan dan melindungi anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut.


"Instruksi Wali Kota Medan tersebut wajib ditindaklanjuti oleh perangkat di kecamatan dan jajarannya. Setiap rumah di Kota Medan yang ditinggal penghuninya sebagai jemaah haji harus diperhatikan. Begitu juga dengan keluarga yang ditinggalkan, harus dilindungi," kata Robi Barus wartawan, Jum'at (10/05/2024).


Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan itu mengingatkan, hal itu harus dilakukan untuk memberikan ketenangan kepada jemaah haji asal Kota Medan yang berangkat ke tanah suci.


"Jangan sampai jemaah haji yang berangkat kepikiran dengan kondisi rumahnya dan orang-orang yang ditinggal di rumah itu," ucapnya.


Terkhusus untuk rumah kosong yang ditinggal, Robi meminta pihak kecamatan, kelurahan dan lingkungan untuk berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri dalam menjaga keamanannya.


"Jangan sampai rumah kosong yang ditinggal jemaah haji menjadi sasaran empuk para maling yang saat ini cukup marak di Kota Medan," tuturnya.


Lalu untuk rumah yang masih berpenghuni, sambung Robi, juga tetap harus diperhatikan. Untuk anggota keluarga yang ditinggaldi rumah tersebut, diharapkan bisa diberikan perlindungan.


"Misalnya di rumah tersebut ada lansia yang ditinggal anaknya untuk berangkat haji, warga seperti ini mohon untuk diberi perhatian dan perlindungan, begitu juga bila ada anak kecil di rumah tersebut. Intinya, kita berharap anggota keluarga yang berangkat haji bisa beribadah dengan khusyuk dan keluarga yang tinggal di rumah bisa tetap merasa aman dan tenang," pungkasnya.


Seperti diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta camat, lurah, dan kepala lingkungan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI untuk memperhatikan dan melindungi keluarga jamaah haji yang tengah menjalankan ibadah di Tanah Suci.


Hal ini disampaikan Bobby Nasution saat halal bihalal dan melepas keberangkatan 2.482 calon haji (calhaj) asal Kota Medan di Gelanggang Mahasiswa UINSU, Kamis (09/05/2024).(A-Red)