Notification

×

Iklan


Iklan


Dorong Kemajuan Sektor UMKM Sumut, I.G.P Wira Kusuma Lepas Tim Jelajah Bisnis Indonesia

Kamis, 06 Juni 2024 Last Updated 2024-06-05T23:24:10Z



AyoMedan.Com - Medan, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara mendorong penguatan kapasitas sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumut untuk bisa bersaing menghadapi sektor produk UMKM yang masuk ke Indonesia.


Ada sebanyak 1.166.918 pelaku usaha yang berkiprah di Sumut pada 2023 dengan klasifikasi, yaitu sebanyak 98,87% atau 1.153.758 pengusaha usaha mikro dan kecil dan 1,12% atau 13.610 pelaku usaha dari kalangan usaha menengah dan besar.


Di tengah maraknya serbuan produk impor yang bersentuhan dengan produk UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatra Utara berkomitmen membangun sinergi dalam memajukan UMKM di daerah tersebut.




Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara, I.G.P Wira Kusuma mengatakan selain meningkatkan kapasitas UMKM agar bisa bersaing dengan produk-produk impor, Bank Indonesia bersama pemangku kepentingan di Sumut akan berusaha untuk meningkatkan penjualan UMKM melalui upaya meningkatkan rantai pasok dan permintaan terhadap produk UMKM.


“Sedangkan kegiatan jelajah jurnalistik ini juga merupakan rangkaian dari Karya Kreatif Sumatra Utara yang sudah menjadi tradisi Bank Indonesia setiap tahunnya. Tujuannnya agar UMKM kita bisa tampil kalau bisa targetnya selain digitalisasi juga bisa diekspor. Beberapa UMKM sudah mengekspor produknya ke sejumlah Negara tujuan,” ucapnya didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Sumut Naslindo Sirait dan Kepala Kantor harian Bisnis Indonesia Wilayah Sumut dan Aceh Irsad, saat pelepasan Tim Jelajah Bisnis Indonesia dalam kegiatan Ekspedisi UMKM Champion Sumut 2024 di Medan, Senin (03/06/2024) dikutip AyoMedan.Com.


Jelajah dengan tema "Membangun Ekonomi Rakyat Untuk Kemajuan Bangsa" ini, didukung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara dalam rangkaian kegiatan Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU) yang akan dimulai 3 Juli mendatang, sekaligus kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI).


"Jelajah jurnalistik harian Bisnis Indonesia, merupakan kolaborasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara dan harian Bisnis Indonesia untuk melihat kisah-kisah menginspirasi dari UMKM. Sehingga nantinya, bisa menjadi panutan UMKM-UMKM yang lain untuk mengikuti jejaknya dan pada akhirnya itu akan meningkatkan perekonomian Sumatra Utara," terang Wira Kusuma.


Sementara itu, Irsad selaku Kepala Kantor harian Bisnis Indonesia Perwakilan Sumut-Aceh menyebutkan, bahwa Tim jelajah harian Bisnis Indonesia akan mengunjungi wirausaha UMKM di beberapa kota dan kabupaten di Sumut.


“Kegiatan ini untuk memotret geliat UMKM yang menguasai 98,87% kegiatan usaha di Sumut dengan jumlah usahanya yang mencapai 1.153.758 unit usaha pada 2023. Potensi UMKM di Sumut itu sangat besar sehingga Bisnis Indonesia merasa berkepentingan untuk ikut berkontribusi dalam memajukan sektor ini,” tutup Irsad.(A-Red)