Notification

×

Iklan


Iklan




KPwBI Sumut Tuan Rumah Campaign Manager GBBI dan GBBWI 2024, Yura Djalins : Ini Ajang Pameran Investasi di Sumut

Kamis, 20 Juni 2024 Last Updated 2024-06-20T13:55:20Z



AyoMedan.com - Medan, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumut, Yura Djalins (foto), menyampaikan bahwa BI Sumut ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024, yang digelar pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan. Yang mana kegiatan itu diselaraskan dengan hari jadi Kota Medan.


Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) di Sumatera Utara, akan dikemas dalam acara “Karya Kreatif Sumatera Utara”, dengan tema “Rap Pamajuhon Sumatera Utara”, yang artinya bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi. 




"Harvesting GBBI dan GBWI dijadwalkan pada 3 Juli 2024, bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024," kata Yura saat kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) bersama puluhan awak media, di lantai 3 gedung BI Sumut, Kamis (20/06/2024) siang.


Menurut Yura, KKSU 2024 akan diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024, yang merupakan ajang pameran investasi di Sumatera Utara. 


”Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan dengan pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, selebrasi Letter of Intent (LoI),  investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial,” terangnya.




Yura berharap, rangkaian KKSU dapat mengakselerasi pencapaian target Gernas BBI-BBWI yakni peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah.


"Aksi afirmasi belanja dengan target 95% belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), dan Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024," ujarnya.


Secara umum, sambung Yura, agenda KKSU 2024 meliputi Harvesting Gernas BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.


KKSU Forum, tambah Yura, meliputi talkshow dengan tema antara lain talkshow Kopi “Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi”, talkshow Pariwisata ”Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia”


“KKSU Competition meliputi, Kopi; Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence; Fashion; Lomba desain ready to wear dengan tema “Sustainable Fashion”; dan Pariwisata; Lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI;” jelasnya.


Kemudian, lanjut Yura, KKSU Fair meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan, dan kuliner; fashion show UMKM binaan dan mitra; edukasi & sosialisasi. Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 secara offline di Istana Maimun dan  Deli Park dan  secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com.


“Tak kalah penting, Bank Indonesia turut mendorong investasi di daerah melalui North Sumatra Invest (NSI). NSI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam menjaga perspektif positif melalui berbagai program, di antaranya penggalian proyek investasi strategis di daerah melalui kompetisi penyusunan dokumen peluang investasi di daerah melalui NICe (NSI Investment Challenge) yang merupakan kompetisi penyusunan dokumen investasi awal yang siap ditindaklanjuti dengan program NSI Incubator,” tuturnya.


Yura menyebutkan, kegiatan site visit bersama Konsulat Jenderal dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat yang berkantor di daerah berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024, melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022 dimana tahun ini disinergikan dengan KKSU.


“Rangkaian KKSU x NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng, yang berkolaborasi bersama perbankan di Sumatera Utara. Lomba lari tersebut memiliki 2 kategori, yakni 5K dan 10K dengan biaya pendaftaran bervariasi, mulai dari Rp250 ribu rupiah. Informasi lebih lanjut dapat mengakses website www.bpmdrunmedan.com,” imbuhnya, sembari menambahkan,
Bank Indonesia akan terus mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI) sebagai langkah nyata inovasi dan sinergi dalam rangka mendorong semangat bangga produk dan wisata lokal.(A-Red)