Notification

×

Iklan


Iklan




Tanggulangi 'Gepeng', Wong Chun Sen Desak Pemko Medan Segera Operasionalkan RPS

Senin, 24 Juni 2024 Last Updated 2024-06-24T07:52:34Z



AyoMedan.com - Medan, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Medan, Drs Wong Chun Sen M.Pd.B (foto),  kembali mendesak Pemko Medan dalam hal ini Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPKPCKTR) untuk segera menyerahkan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang telah selesai dibangun, kepada Dinas Sosial.


"Hampir enam (6) bulan RPS itu rampung dibangun, jadi kalau bisa secepatnya lah dioperasikan. Karena RPS itu nantinya akan dipergunakan untuk menampung para gelandangan dan pengemis (gepeng) yang tampak berkeliaran di setiap sudut Kota Medan," ucap Wong kepada wartawan di ruangan kerjanya, Senin (24/06/2024).


Politisi Partai PDI Perjuangan ini mengaku heran, kenapa sampai sekarang Pemko Medan belum juga mengoperasikan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) tersebut.


“Rentang waktu enam bulan itu kan lama, kenapa RPS tersebut tak kunjung dioperasionalkan juga. Kepentingan masyarakat kan lebih penting, segere serahterimakan ke Dinas Sosial operasionalnya," tandas Wong.


Menurut Wong, hadirnya RPS tersebut akan menjadi solusi Pemko Medan untuk menampung serta mengurangi kehadiran gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kota Medan.


“Kota Medan, merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Keberadaan para gepeng di setiap persimpangan jalan, pasti akan merusak wajah Kota Medan. Makanya, Rumah Perlindungan Sosial ini segera dioperasikan. Karena yang kita tahu, selama ini Pemko Medan kesulitan menangani permasalahan gepeng,” ujarnya.


Dan nantinya, tambah Wong, setelah ditampung dan dibina, para gepeng akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.


“Daya tampung RPS itu kan terbatas, jadi utamakan gepeng yang merupakan warga Kota Medan. Bagi yang bukan warga Kota Medan, harus dipulangkan ke daerah asalnya,” pungkasnya.(A-Red)