Notification

×

Iklan


Iklan


Dengan 7 Unit Mobil Tangga Dishub Atasi 50-60 Gangguan LPJU per Hari, Gultom R Parlin: Nantinya Untuk Ratusan Pengaduan per Hari, Harus Ada 15 Unit Mobil Tangga

Jumat, 17 Februari 2023 Last Updated 2023-02-17T07:35:06Z

Teks foto, Kabid Sarana Prasarana Angkutan dan Penerangan Gultom R Parlin 


Ayomedan.com - Medan, Sejak beralihnya penanganan gangguan, pemasangan dan perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan ke Dinas Perhubungan Kota Medan, jelas membutuhkan sarana prasarana yang memadai dan layak.


Hal ini disampaikan Kabid Sarana Prasarana Angkutan dan Penerangan Dishub Kota Medan, Gultom R Parlin saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/2/2023) terkait peralihan tanggung jawab tersebut.


"Mobil tangga yang kami terima dari Dinas Pertamanan kemarin berjumlah 9 unit. Namun yang layak jalan 7 unit, sisanya 2 unit butuh perbaikan," katanya.


Untuk itu, dengan 7 unit mobil tangga yang ada, Sambung Gultom, kita maksimalkan 50-60 pengaduan masyarakat terkait masalah lampu jalan dapat diatasi. Dan pastinya, perbaikannya dilakukan berdasarkan urutan pengaduan yang masuk.


"Satu unit mobil tangga, kami SPJ kan mengatasi 15 pengaduan setiap harinya. Namun hasil dilapangan, 15 pengaduan yang ditargetkan hanya 12-13 pengaduan masyarakat yang dapat diselesaikan. Mengingat kerusakan lampu jalan tersebut bervariasi. Kami melihat, perbaikan yang susah dan memakan waktu lama itu, ketika kabel lampu jalan tersebut hilang dicuri oknum tak bertanggung jawab. Dimana petugas kami akan menjemput kabel yang baru kekantor, baru memangnya kembali," ujarnya.


Ditambahkan Gultom, selain mengoperasikan 7 mobil tangga tersebut, untuk mengatasi pengaduan masyarakat mereka juga memaksimalkan puluhan personil eks Dinas Kebersihan yang ahli dibidang kelistrikan.


"Satu petugas dengan mengendarai sepeda motor, kami SPJ kan mengatasi 5 pengaduan per hari. Dengan ketentuan untuk perbaikan ringan, diantaranya perbaikan panel, mcb, maupun wayar listrik yang rusak," jelasnya.


Gultom juga menyebut, kedepannya pengaduan atas kerusakan LPJU dari masyarakat dipastikan akan bertambah. Sehingga, idealnya untuk mengatasi pengaduan tersebut, dibutuhkan 15 unit mobil tangga layak pakai.


"Nantinya dengan 15 unit mobil tangga yang beroperasi, pengaduan dari masyarakat Kota Medan dapat teratasi. Termasuk pengaduan masyarakat dari wilayah Medan Utara, Amplas, Tembung, yang selama ini belum maksimal kita layani," pungkasnya sembari berharap keinginan untuk penambahan mobil tangga tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat ini, demi maksimalnya pelayanan pengaduan masyarakat atas perbaikan maupun pemasangan baru LPJU. (A-Red)