Notification

×

Iklan


Iklan


Ditengah Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi, Doddy Zulverdi: Ekonomi Sumut Tumbuh Cukup Besar 4,87% (yoy)

Senin, 08 Mei 2023 Last Updated 2023-05-08T14:39:43Z

Teks foto, Doddy Zulverdi sampaikan paparannya didampingi Kepala BI baru I.G.P Wira Kusuma (batik biru-red)


Ayomedan.com - Medan, Perekonomian Sumatera Utara, diketahui pada Triwulan l-2023 masih tumbuh cukup baik sebesar 4,87% (yoy), meskipun melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,26% (yoy).


"Perlambatan pertumbuhan ekonomi Sumut seiring dengan tren moderasi harga komoditas ekspor utama Sumut yakni CPO dan dampak dari fenomena cuaca ekstrem pada Tw-l 23 terhadap penurunan produksi komoditas pertanian seperti kelapa sawit,” kata Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara, Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media (BBM) yang juga dirangkai dengan Halal Bi Halal, di lantai 9 kantor BI Sumut, Jalan Balai Kota No.4, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Senin (08/05/2023) siang.


Teks foto, suasana kegiatan BBM


Kembali dijelaskan Doddy Zulverdi, dari sisi pengeluaran aktivitas ekspor-impor mengalami pelemahan di tengah akselerasi pertumbuhan konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, dan investasi PMTB dari triwulan sebelumnya.


“Penurunan produksi sejumlah komoditas utama Sumut sebagal dampak dari cuaca ekstrem pada Tw-123 serta adanya tren moderasi harga komoditas ekspor utama Sumut seperti kelapa sewit menahan aktivitas perdagangan internasional. Disatu sisi, konsumsi dan investasi tetap kuat,” jelasnya.


Sementara dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian, perdagangan, dan transportasi, sambung Doddy, pertumbuhannya melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. Kemudian, deselerasi LU Pertanian seiring dengan masuknya periode musim anam beberapa komoditas seperti beras, cabai merah cabai rawit dan bawang merah serta fenomena Cuaca ekstrem yang berdampak pada penurunan produksi beberapa komoditas pertanian.


“Jumlah indikator seperti kredit perdagangan, UMKM dan transportasi serta prakiraan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) PBE yang melambat pada triwulan 1-2023 turut berdampak pada perlambatan LU Perdagangan dan LU Transportasi ditengah sektor konstruksi dan industri yang masih terakselerasi,” terangnya.


Menurut Doddy Zulverdi, tentang pertumbuhan ekonomi global dan Sumut diprakirakan pertumbuhan ekonomi global 2023 dapat mencapai 2,6% di Ley tingginya ketidakpastian global, dimana lebih tinggi dibanding proyeksi sebelumnya seiring proses recovery yang membaik.


“Perkembangan ini didorong oleh dampak positif pembukaan ekonomi Tiongkok pasca pandemi Covid-19 khususnya pada sektor jasa, namun tidak memberikan efek dominan terhadap pertumbuhan ekonomi global,” jelasnya.


Doddy mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada triwulan 1 (satu) 2023 masih kuat, akan tetapi masih terdapat risiko dari ketatnya pasar tenaga kerja di AS dan masih berlangsungnya pengetatan kebijakan moneter di negara maju, yang tercermin dari peningkatan Indeks Ketidakpastian Global AS.

“Kedepannya, pemulihan ekonomi global diperkirakan akan tetap berlanjut, seiring dengan pengetatan kebijakan moneter di negara maju yang diperkirakan hampir mencapai puncaknya,” imbuhnya.


Menurut Doddy Zulverdi, perkembangan inflasi global yang saat ini proses disinflasi global berjalan lancar. Kemudian, persistensi inflasi dari sisi permintaan masih tinggi dan perbaikan ekonomi global di tengah keketatan pasar tenaga kerja di AS dan Eropa mengakibatkan prospek penurunan inflasi global berjalan lambat.


“Selain itu, perbaikan ekonomi Tiongkok diprakirakan mendorong harga komoditas non-energi, di tengah harga minyak yang meningkat akibat ketersediaan pasokan yang lebih rendah. Untuk kebijakan suku bunga tinggi masih berlanjut, bahkan di negara berkembang kebijakan moneter ketat masih ditempuh secara agresif. Adapun disinflasi negara maju (AE) yang lebih lambat menyebabkan suku bunga tinggi berpotensi bertahan lebih lama. Di negara berkembang (EM), kebijakan moneter ketat banyak ditempuh secara agresif karena suku bunga riil EM masih negatif,” tukasnya.


Didampingi KPwBI Sumut yang baru, I.G.P Wira Kusuma, Deputi BI Sumut Ibrahim dan Humas BI Sumut Poltak Sitanggang, Doddy Zulverdi mengucapkan terimakasih kepada awak media yang telah memberikan dukungan kepada Bank Indonesia Sumut melalui pemberitaan.


"Diakhir masa jabatan ini, saya sangat berterimakasih kepada teman-teman wartawan karena telah aktif memberikan dukungan kepada Bank Indonesia Sumut melalui pemberitaan-pemberitaan positif dan berimbang yang telah dipublikasikan selama saya menjabat. Semoga kerjasama yang baik ini, kedepannya harus lebih baik lagi,” pungkasnya. (A-Red)