Notification

×

Iklan


Iklan




Sosialisasikan Perda No.4 Tahun 2012 Dalam 2 Sesi, Dame Duma: Saat Ini Cuaca Ekstrim, Warga Helvetia Harus Jaga Kesehatan

Sabtu, 26 Agustus 2023 Last Updated 2023-08-26T08:35:03Z

Teks foto, Duna Sosper sesi pertama (1)


Ayomedan.com - Medan, Ditengah cuaca Kota Medan yang saat ini tidak menentu, terkadang panas menyengat, tiba-tiba bisa berubah mendung dan hujan, yang berakibat tubuh warga rentan terserang penyakit demam dan penyakit lainnya. Kondisi cuaca tersebut, mendapat perhatian serius dari Anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung SH, saat pelaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, dalam 2 Sesi. Sesi pertama (1) di Jalan Beringin II Kelurahan Helvetia dan sesi kedua (2) di halaman sekolah Dharma Wijaya Jln. Pembangunan Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia,  Sabtu (26/08/2023).


Dihadapan tokoh agama, pengurus PAC Gerindra Medan Helvetia dan ratusan undangan dalam Sosper sesi pertama pukul 10.00 WIB tersebut, Politisi Partai Gerindra asal Dapil I Medan ini dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan adanya Perda No.4 ini, bukti pentingnya BPJS Kesehatan mandiri ataupun Universal Health Covarage (UHC) program JKMB Pemko Medan. Sehingga tugas dari tenaga kesehatan, baik Puskesmas maupun Rumah Sakit milik pemerintah jelas tertera. Dan apa yang menjadi hak dari masyarakat pun tertulis jelas di Perda tersebut.


"Pemko Medan bertanggung jawab atas kesehatan masyarakatnya, terutama untuk pelayanan kesehatan pada saat sakit. Pergunakan program berobat gratis dengan menggunakan KTP, yang diluncurkan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution. Terlibih disituasi cuaca yang ekstrim saat ini, bapak ibu harus jaga kesehatan," katanya.


Dame Duma menambahkan, seandainya masyarakat Kelurahan Helvetia ada yang sakit dan belum tercover BPJS Kesehatan, segera datang ke rumah aspirasi 'BEDA' (Benny-Duma) yang berada di Jalan Beringin II, Helvetia.


"Siapa pun yang datang, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan  ataupun keadministrasian penduduk, baik itu KK dan KTP akan dibantu pengurusannya," bilangnya.


Teks foto, Duma Sosper sesi kedua (2)


Sementara itu, pada Sosperda sesi kedua (2)  di Jln. Pembangunan halaman sekolah Perguruan Dharma Jaya, Kelurahan Helvetia Timur Kecamatan Medan Helvetia, pukul 14.00 Wib,  Bendahara Komisi IV DPRD Medan ini kembali menekankan, agar setiap masyarakat harus mempunyai kartu BPJS Kesehatan. Sehingga segala pengurusan administrasi saat berobat ke rumah sakit, lebih mudah dan gampang.


"Kalau masyarakat sudah punya kartu BPJS, berapapun biaya selama perawatan di rumah sakit akan dibayar oleh pemerintah Kota Medan. Dan sebaliknya, kalau masyarakat tak punya kartu BPJS, pelayanan kesehatan secara gratis tidak akan didapat," tuturnya.


Dalam Sosper tersebut, Edy Sunaryo warga Lingkungan 8 mengeluhkan jalan Persatuan sering mengalami banjir. "Hujan deras sebentar aja, jalan kami itu langsung banjir. Mohon ibu Duma masalah ini dibantu penyelesaiannya," pintanya.




Sementara itu, Puspita br Sinaga meminta agar di depan STIKES Helvetia lampu jalannya segera diperbaiki. "Lampunya ada, tapi enggak hidup. Sehingga jalan tersebut kalau malam gelap gulita," bilangnya.


Menjawab dua permintaan warga, Dame Duma, memastikan keluhan dari masyarakat akan segera ditindak lanjuti kepada seluruh OPD terkait.


"Semoga masukkan yang bapak dan ibu sampaikan pada Sosper kali ini secepatnya akan kami tindak lanjuti, sehingga nantinya dapat direalisasikan oleh Pemko Medan," pungkasnya.




Amatan wartawan, diakhir Sosperda, Dame Duma menyerahkan seminar kit, kue dan nasi kotak kepada ratusan masyarakat. (A-1Red)