Notification

×

Iklan


Iklan


Dukung Kemenangan Palestina, Pemko Medan Serahkan Donasi 1 Miliar

Jumat, 19 Januari 2024 Last Updated 2024-01-18T23:19:16Z



AyoMedan.com - Medan, Sebagai bentuk dukungan aksi kemanusiaan dan solidaritas terhadap rakyat Palestina, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan donasi senilai Rp 1 Miliar untuk negara Palestina. Donasi ini diserahkan langsung Bobby Nasution kepada Duta Besar ( Dubes) Palestina untuk Indonesia H.E Zulhir Al Shun dalam acara Do'a bersama dan penyerahan donasi untuk Palestina yang digelar Perguruan Islam Al Amjad, Kamis (18/01/2024).


Donasi ini bukan dari APBD Kota Medan, melainkan berasal dari sumbangan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Kota Medan, termasuk ASN dilingkungan Pemko Medan, HIPMI Sumut, KADIN Sumut dan HIPMI Medan. Atas donasi yang diberikan, Bobby Nasution berharap dapat jadi kekuatan untuk Palestina mencapai kemerdekaan.


"Kami atas nama warga kota Medan menyatakan apa yang dirasakan warga Palestina adalah tindakan yang kejam, kami sangat mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Kita yang hadir disini dan donasi yang diberikan semoga menjadi kekuatan untuk Palestina mencapai kemerdekaan," ucap Bobby Nasution.


Menurut Bobby Nasution, donasi yang hari ini Pemko Medan dan perguruan Al Amjad serahkan, merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan serta  bentuk aksi kemanusiaan atas tragedi yang terjadi di Palestina akibat kekejaman zionis Israel.


"Begitu mendapatkan undangan dari perguruan Al Amjad kami seluruh Perangkat Daerah dan ASN kumpul - kumpul untuk memberikan sumbangan," katanya.


Bobby Nasution juga menjelaskan, warga Kota Medan dan warga Palestina adalah saudara. Tentunya seluruh warga disini tetap mendoakan dan berjuang sebisa kami dan dengan cara masing-masing untuk mencapai kemerdekaan Palestina dari kekejaman zionis Israel. Oleh karena Bobby Nasution mengapresiasi atas digelarnya pertemuan ini.


"Kami mengapresiasi pertemuan ini, pastinya perguruan Al Amjad bukan hanya fokus terhadap pendidikan kepada anak saja tetapi mengajarkan anak didik tentang rasa kebersamaan sesama umat muslim yang ada di kota Medan maupun yang ada di Palestina," tuturnya.


Ditambahkan Bobby Nasution, selain memberikan donasi pertemuan ini juga mengedukasi siswa siswi bagaimana menginformasikan kondisi di Palestina dan menginformasikan perlakuan Israel terhadap warga Palestina.


"Tadi juga kita melihat bersama, hampir 90 persen anak-anak peserta didik kita menangis melihat kondisi Palestina dari layar. Tentunya ini mengajarkan kita semua akan pentingnya perdamaian dan kebersamaan serta menjaga rasa persaudaraan kita. Walaupun jarak kita jauh tetapi kami di Medan menyatakan saudara dengan warga Palestina," ujar Bobby Nasution.


Dalam kesempatan ini, Dubes Palestina untuk Indonesia  H.E Zulhir Al- Shun, juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan yayasan perguruan Al Amjad atas donasi yang diberikan untuk Palestina, termasuk seluruh masyarakat Indonesia.


"Kita ketahui bersama atas izin Allah SWT negeri Palestina adalah negeri para Nabi. Selain itu Allah SWT juga menyatakan dalam firman-Nya tentang Masjidil Aqsha. Atas bantuan donasi yang diberikan dan doa serta sholat ghaib yang telah dilakukan kami mengucapkan banyak sekali terima kasih," tutur Dubes Palestina.


Sebelumnya Fadhullah, Ketua Pengurus Yayasan perguruan Islam Al Amjad mengungkapkan dari awal terjadi konflik seratus hari belakangan ini, Perguruan Islam Al Amjad telah melakukan berbagai bentuk aksi kemanusiaan, dimana kami telah menggelar sholat ghaib untuk warga Palestina yang meninggal dunia. 


"Kita juga menghimpun dana sekitar Rp 162 juta yang berasal dari sumbangan para orang tua siswa siswi, jumlah ini akan terus bertambah karena masih adanya orang tua siswa yang ingin menyumbang. Kita juga bersyukur Pemko Medan menyalurkan bantuan senilai Rp 1 Miliar untuk negara Palestina. Seluruh donasi ini akan kita salurkan untuk warga Palestina melalui Dubes Palestina untuk Indonesia," imbuh Fadhullah, sembari berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk Palestina.


Pertemuan ini, selain doa bersama juga diisi dengan Tausiyah agama yang disampaikan Al Ustadz Abdullah Jamil. Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pembina Perguruan Islam Al Amjad Hasballah Yunus, Kakankemenag Kota Medan Impun Siregar, Ketua Baznas Nursyam, Ketua HIPMI Sumut Ade Jona Prasetyo, Ketua KADIN Sumut, Firsal Dida Mutyara dan Seluruh Pimpinan Perangkat Daerah serta Camat se-Kota Medan.(A-Red)