Notification

×

Iklan


Iklan


Parlemen Pelajar Batch 3, Baskami Sosialisasikan Pemilu 2024 Kepada Pemilih Pemula

Rabu, 17 Januari 2024 Last Updated 2024-01-16T23:01:42Z



AyoMedan.com - Medan, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyampaikan perlunya sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula, sebagai bentuk pendidikan politik bagi pelajar yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024.


Kepada awak media, Baskami mengatakan, pihaknya mengundang Bawaslu Sumut untuk memberikan pemaparan terkait kepemiluan kepada perwakilan SMA seluruh se-Sumatera Utara, Selasa (16/01/2024).


"Kita harapkan,sebagai agent of change, pelajar bukan hanya menggunakan hak pilihnya, namun menjadi garda terdepan ikut berpartisipasi dalam mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2024," katanya.


Baskami mengimbau, para pelajar menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Ia menyampaikan kepada para siswa yang nantinya di tahun 2024 akan ikut serta dalam memilih Calon Legislatif, untuk mencari tahu rekam jejak calon yang dipilih.


"Gunakan hak pilih kita secara cerdas, tentunya jangan terjebak hoaks, kenali rekam jejak calon yang akan dipilih," tuturnya.


Menurut Baskami,para siswa harus memilih pemimpin yang menghargai keberagaman, sejalan dengan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


“Anak-anakku nanti saat memilih, pilihlah pemimpin yang menghargai keberagaman, negara ini diciptakan dengan perbedaan, jadi harus dirawat bersama, bhinneka tunggal ika," harapnya.


Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu dalam paparannya menjelaskan tentang arti kepemiluan, tahapan-tahapan pemilu, aturan-aturan yang berlaku dalam kepemiluan, serta pelanggaran pemilu seperti money politic (politik uang).


"Ini saya berikan tips buat adik-adik supaya nanti tahu akan memilih siapa, pastikan adik-adik tahu rekam jejak calon yang akan dipilih, latar belakang pendidikannya dan kontribusi apa yang sudah diberikan di lingkungan adik-adik khususnya," ucapnya.


Saut Boang Manalu juga memberikan apresiasinya terkait penyelenggaraan Parlemen Pelajar Batch III DPRD Sumatera Utara.


"Saya apresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap ke depan jangkauannya lebih luas, lebih mendalam diikuti oleh siswa se-Sumatera Utara, tidak hanya berbicara kepemiluan, juga terkait cinta tanah air, ideologi dan lainnya," ungkapnya.


Di lain pihak, salah seorang siswa SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidempuan, Marina Eka Putri Gayo, mengungkapkan antusiasmenya mengikuti acara tersebut.


"Saya merasa beruntung, meskipun jauh datang dari Sidempuan, saya merasa banyak mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan kesempatan bertemu Bapak Ketua DPRD dan mengetahui aktivitas anggota DPRD Sumut," pungkasnya. (A-Red)