Notification

×

Iklan


Iklan




Kloter 1 Debarkasi Medan Disambut Hujan dan Kumandang Azan Setibanya di Tanah Air

Senin, 24 Juni 2024 Last Updated 2024-06-24T02:00:57Z



AyoMedan.com - Medan, Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA3201 yang membawa rombongan jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Debarkasi Medan mendarat dengan mulus dan selamat di Bandara Kualanamu Deli Serdang, Senin (24/06/2024) pukul 02.25 WIB dinihari.


Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, H Ahmad Qosbi, S.Ag, MM saat menyambut jemaah haji di Aula 1 Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan mengucapkan Ahlan Wa Sahlan Dhuyufurrahman, selamat kembali ke tanah air, semoga segala amal ibadah jemaah haji di terima Allah SWT serta meraih predikat haji mabrur dan hajjah mabrurah.


“Di kloter 1 ini sudah nampak ciri-ciri haji mabrur, di Bandara Kualanamu jemaah haji disambut dengan hujan yang merupakan tanda Rahmat dari Allah SWT dan di Asrama Haji Medan disambut dengan kumandang azan subuh yang sangat luar biasa,” ucapnya.


Ketua PPIH Debarkasi Medan ini menambahkan, ciri-ciri haji mabrur lainnya terlihat dari wajah jemaah haji yang tidak terlihat letih. “Saat berangkat ke tanah suci berseri-seri dan saat kembali ke tanah air bersinar-sinar,” katanya.


Kepala Kanwil Kemenag Sumut tersebut kembali menyampaikan kepada jemaah haji agar menjaga predikat haji yang telah dilaksanakan selama 40 hari di tanah suci.


“Betapa susah payah bapak/ibu melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci, oleh karenanya jagalah predikat haji dan hajjah tersebut dengan baik. Selalu menjaga sikap, serta menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.


Ahmad Qosbi meminta, agar jemaah haji menjaga Ukhuwah Islamiyah setelah pelaksanaan ibadah haji, dengan membentuk pengajian yang dilaksanakan 2 atau 1 bulan sekali atau membentuk Serikat Tolong Menolong (STM).


“Jemaah haji harus menjadi contoh yang baik di keluarga, di tempat kerja utamanya di tengah masyarakat. Jadilah sosok yang menjadi penyejuk dan pembawa kedamain di masyarakat, jangan sampai kita dijauhi masyarakat tapi kehadiran kita setelah berhaji bisa dirindukan dan dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.


Kakanwil Kemenagsu dalam laporannya juga menyampaikan, jemaah haji Kloter 1 Debarkasi Medan berasal dari Kabupaten Asahan berjumlah 357 orang. Tiga jemaah haji wafat pada kloter satu ini dan secara keseluruhan jemaah haji Embarkasi Medan yang wafat berjumlah 14 orang.


Tampak hadir pada acara tersebut, Pj Gubernur Sumater Utara diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprovsu Dr. Agus Tri Priyono, SE, M.Si, Wakil Bupati Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Dr.H. Zaulpan Efendi, M.Si dan Wakil Sekretais H. Muhammad Yunus, MA.(A-Red)